MP METODE PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA TUNA WICARA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB) NEGERI SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • I. M. Fatimah Zahro
  • Dela Aprianti

Kata Kunci:

Metode pembelajaran Al-Qur’an, Siswa Tuna Wicara, SMPLB

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui : Pertama, tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tuna wicara di SMPLB Negeri Sekayu. Kedua, metode pembelajaran Al-Qur’an bagi siswa tuna wicara di SMPLB Negeri Sekayu. Penelitian dilakukan di SMPLB Negeri Sekayu  Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, data dalam penelitian ini yaitu menggunakan dua sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, Sampel dalam penelitian ini adalah Ibu Neti Susanti. Metode pengumpulan data data yang di gunakan dalam penelitian ini, yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Adapun hasil penelitian, yaitu : Pertama, tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa tuna wicara di SMPLB Negeri Sekayu adalah di kategorikan baik. Hal ini karena usaha-usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang menggunakan multi metode, menjalin kerja sama dengan guru-guru yang lain serta keuletan dan kesabaran yang tinggi dalam menghadapi dan mengajarkan Al-Qur’an pada siswa tuna wicara untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Kedua, Metode pembelajaran Al-Qur’an bagi siswa tuna wicara di SMPLB Negeri Sekayu menggunakan multi metode pembelajaran, yang penggunaannya disesuaikan dengan materi yang diberikan dan disesuaikan dengan kondisi siswa. Metode pembelajaran yang berhasil diterapkan dalam kegiatan  pembelajaran Al-Qur’an di SMPLB Negeri Sekayu yaitu : Metode Demonstrasi, Metode Speech Reading, Metode Lip Reading, Metode Abjad Jari, dan Metode Resitasi (Pemberian Tugas).

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Tafsir, 1999 Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, (Bandung, Remaja Rosdakarya)

Arifin Zainal 2013 Evaluasi Pembelajaran. (Bandung, PT.Remaja Rosdakarya)

Anas. Sujono 2005 Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azyumardi, Azra, 2000 Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millinium Baru, (Jakarta, Logos Wacana Ilmu)

Djamarah. Strategi 2002 Belajar Mengajar. (Jakarta, Rineka Cipta)

Esa Nur Wahyuni, dan Badaruddin, 2020 Teori Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta, Ar-Ruzz Media)

Elida, Prayitno 1987 Motivasi dalam Belajar, (Jakarta, PPPLPTK)

Hamruni, 2012 Strategi Pembelajaaran (Surabaya)

Hamalik, Oemar 2007 Proses Belajar, (Jakarta, Bukti Aksara)

Jamali, Sahrodi, dkk, 2005 Membedakan Nalar Pendidikan Islam; Pengantar Ke Arah Ilmu pendidikan Islam. (Yogyakarta, Puataka Rihlah)

Muaimain, dkk, 2004 Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di sekolah, (Bandung, Remaja Rosdakarya)

Muhabbinsyah, 2009 Psikologi Belajar, (Jakarta, Raja Grafindo Persada)

Murdianto, 2013 Strategi Pembelajaran (Jakarta, Rineka Cipta)

Majid, Abdul. 2013 Strategi Pembelajaran, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Alfabeta)

Muhaimin, dkk, 1996 Strategi Belajar Mengajar, Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, (Surabaya, Citra Media)

Mudjiono, Damayanti 2002 Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta, Rineka Cipta)

Noviana. 2012 Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, (Surabaya, Unesa)

Nana Syaodih, Sukmadinata, 2003 Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya)

Robiatul A Siti. 2013 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 2 di Program Teknik Bangunan. Skripsi, (Bandung, UPI)

Roestiyah, 1994 Didaktik Metodik, (Jakarta, Bumi Aksara)

Robert. E. Slavin 1994 Educational Pshicology: Theory into Practice. (Prentice Hall: Enggelwood (liff)

Rahmayanti, Fitri, 2013 Huungan Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Ratna, Megawangi, 2004 Pendidikan Karatkter, Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. (Bandung, Star Energi)

Silberman Melvin, 2007 Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. (Yogyakarta, PT Pustaka Insan Madani)

Sudarman, Damin 2004 Inovasi Pendidikan, (Bandung, Pustaka Setia)

Singgih D. Gunarsa, 2006 Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. (Jakarta, Gunung Mulia)

Syamsul, Nizar, 2001 Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta, Gaya Media Pratama)

Sopiatin Popi. 2010 Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. (Jakarta, Ghalia Indonesia)

Sumiati. 2012 Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Skripsi, (Bandung, UPI)

Sarjuli, Strategi dkk 2001 Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz

Sanjaya, 2008 Kelebihan Dan Kekurangan Metode Team Quiz, (Jakarta, Bumi Aksara)

Sugiono, 2007 Metode Penelitian Bisnis, (Bandung, Alfabeta)

Sutrisno, Hadi 1986 Metogologi Reserch II, (Yogyakarta, Offset)

The Liang Gie. 2002 Cara Belajar yang Efisien, (Yogyakarta, Pusat Belajar Ilmu Berguana)

Tatik, Romlah, 2001 Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. (Malang)

T. Hani, Handoko 1992 Manajemen Personal dan Sumber Daya Manusia, edisi kedua, cetak ke empat. Penerbit (Yogyakarta, UGM)

Usman Huasaini 2011 dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta, Bumi Aksara)

W.S, Winkel 1991 Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah, (Jakarta, PT.Grasindo)

Winataputra, & T Soekamto 1997 Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, U.S.

Yamin, H. Martinis 2009 Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. (Jakarta, Gaung Persada)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-31 — Diperbaharui pada 2024-02-19

Versi

Cara Mengutip

Zahro, I. F., & Aprianti, D. (2024). MP METODE PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA TUNA WICARA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB) NEGERI SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 6(1), 56 - 70. Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/45 (Original work published 31 Januari 2024)