P PERANAN MAJELIS TA’LIM AL-MUHAJIRIN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK REMAJA DI DESA SUMBER HARUM KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN
Kata Kunci:
Majelis Ta’lim, Pembentukan Akhlak RemajaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Majelis Ta’lim dalam membentuk akhlak remaja di Desa Sumber Harum Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin desain uji empiris secara langsung terhadap remaja yang mengikuti kegiatan Majelis Ta’lim di Desa Sumber Harum Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan pendekatan analisis komprehensif berbasis observasi partisipan berupa data mengenai kegiatan majelis ta’lim di Desa Sumber Harum Kecamatan Tungka Jaya Kabupaten Musi BanyuasinRemaja Majelis Ta’lim desa Sumber Harum merupakan wadah bagi remaja baik laki-laki dan perempuan yang berusia antara 13 – 17 Tahun, perubahan akhlak remaja ini terjadi karena ada banyak program keagamaan yang dibentuk oleh remaja itu sendiri, seperti menghatamkan Al-Qur’an, pengajian kitab seperti kitab fikih, Ta’lim Muta’alim, dan akhlak. Pengajian ini dilaksanakan setiap malam minggu, dan sholawat dilaksanakan setiap malam senin, serta kajian ilmiah yang diberi nama komunitas santai sore, kegiaatan ini dilaksanakan pada setiap rabu, tepatnya pada hari rabu sore. Dengan program kerja; Pengajian tiap sehabis magrib 3 kali dalam satu minggu, Yasinan tiap malam jumat, Pemberdayaan remaja masjid di bidang keagamaan, Meningkatkan pergaulan para remaja dari RT 1 sampai RT 7, Mengadakan perlombaan di hari-hari besar Islam.
Referensi
Arikunto. Suharsimi, 2005, konsep pendidikan islami, Depok: Iqra Kurnia Gemilang
Arifin, H.M. 2003. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara
Baharuddin,Drs. H. M.Pd.i. 2006. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzmedia
Darajad, Zakiah. 1970. Ilmu Jiwa Agama.Jakarta : Bulan Bintang.
Dalyono, M. 1996. Psikologi Pendidikan. Semarang : Rineka Cipta
Arifin, M. 1995. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Aminul dan Haryono. 1998. Metodologi Penelitian pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.
Jalaluddin. 1990. Psikologi Agama. Jakarta : Rajawali Pers.
Muhaimin,Prof.Dr.H.M.A. 2006. NuansaBaruPendidikanislam. Malang :RajawaliPers
Muhaimin, 2005, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grasindo
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta Ramayulis,Prof.Dr.H. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.
Poerwadarminta, W.J.S. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pusta
Alawiyah, Tuti. 1990. Strategi Dakwah di Lingkungan Majelis Ta’ lim, Bandung: Mizan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
STAI Rahmaniyah, Jln. Merdeka No. 531 Sekayu Musi Banyuasin Sum-Sel
Telp. 0714-3241894 Fax. 0714-323055, Email. stair.rahmaniyah@gmail.com