IM IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WRITING DI KELAS IX.2 SMP NEGERI 1 SEKAYU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • ATIKA ANGGRAINI STAI RAHMANIYAH

Kata Kunci:

Implementasi, metode mind mapping, Kompetensi writing

Abstrak

Abstrak : Di SMP Negeri 1 Sekayu banyak siswa kelas IX.2 SMP Negeri 1 Sekayu yang merasa kesulitan dalam menulis teks monolog berbentuk deskriptif. Ini disebabkan karena sedikitnya kosakata yang dihafal dan dimengerti maknanya serta kurangnya penguasaan tata bahasa atau grammar. Hal ini terjadi karena kebanyakan siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris, karena menganggap Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket penelitian, yang menunjukkan perbedaan hasil, sebelum dan sesudah tindakan dilakukan. Karena itulah peneliti mencoba metode mind mapping untuk mengatasinya. Metode ini cukup menarik, karena menggunakan gambar-gambar hasil kreasi siswa, yang dapat diwarnai dan dihiasi sekehendak siswa serta dapat memunculkan ide dalam menulis.

Hasil pengamatan selama penelitian, menunjukkan bahwa siswa nampak antusias begitu metode mind mapping diperkenalkan hingga diterapkan untuk menulis. Waktu mengerjakan tugaspun, baik tugas kelompok maupun individu, semua dapat mengumpulkan tugas. Hasil ulangan siklus 1, ada 4 siswa yang belum dapat mencapai KKM. Sedang pada siklus 2, tinggal 2 siswa yang belum mencapai KKM.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru Bahasa Inggris SMP atau SMA mencoba menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran aspek writing maupun aspek-aspek pembelajaran yang lain. Peneliti percaya, kreatifitas siswa yang luar biasa akan terlihat pada hasil atau gambar  mind mappingnya. Selain dapat menumbuhkan kreatifitas dan menarik, metode ini juga memuat berbagai metode dan dapat memunculkan ide.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Agustien, Helena IR. (2006) Kurikulum Bahasa Inggris. 2006. Yogyakarta : Jogja English Teachers Association.

BSNP. (2006). SK dan KD Bahasa Inggris. dilengkapi : SKL. Jakarta : BSNP.

Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP. Jakarta : Depdiknas Dirjen Manajemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan RPP Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS. Jakarta : Depdiknas Dirjen Menejemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMP.

Depdiknas. (2004) Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris Buku 1. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lamjutan Pertama.

Depdiknas. (2007) Buku Saku KTSP. Jakarta : Depdiknas Dirjen Menejemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMP.

Endang K Haris dkk. (1997). English Students Workshop. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

http : // www.duniaguru.com/index.php Hernowo (2007) ”Brain-Based Writing”

http : //www.film pendek.org/Category-29/463-Peta-Pikiran-Mind-Mapping,html

http://en.wikipedia.org/wiki/Mind_map

Indrotomo dkk. (2004) English On Sky 1 for Junior High School Students. Jakarta : Erlangga.

Kasihani, KE Suyanto dkk. (2005) English In Context 1- untuk SMA Kelas !. Jakarta : Bumi Aksara.

Neuroscience Super Learning. (2006) Neuroscience Super Learning Progam BAHASA INGGRIS Tahap 1. Yogyakarta : Pelatihan Peningkatan Mutu dan Profeionalisme guru Bahasa Inggris DIY.

Syamsi Kastam. (2006/2007). Penyusunan Proposal dan Laporan PTK. FBS UNY.

Singgih St (1998). Rangkumam Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Mengajar. Yogyakarta : Penataran Guru SLTA se DIY 12 Desember 1998

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

ATIKA ANGGRAINI. (2023). IM IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WRITING DI KELAS IX.2 SMP NEGERI 1 SEKAYU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 4(1), 1-15. Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/30