K KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMBACA AL-QUR’AN DI SD NEGERI 2 BAYAT ILIR KECAMATAN BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Dian Safitri

Kata Kunci:

Ekstrakulikuler, Mengembangkan Kemampuan, Baca Tulis AL-Qur’an

Abstrak

Abstrak: Tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin, Untuk mengetahui hambatan-hambatan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Baung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin dan Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi  hambatan-hambatan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 2 Bayat llir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Jenis penelitian pada karya ilmiah ini adalah Field Research (penelitian lapangan) yaitu penelitian yang dilaksanakan di suatu tempat , dan tempat itu di luar perpustakaan dan laboraturium. dan ditunjang dengan referensi-referensi yang relevan dengan judul penelitian ini. Yaitu di SDN 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Memakai dua jenis data: kualitatif dan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 57 orang merupakan siswa siswi Kelas 1 sampai kelas IV SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. yang dipilih dengan “sampling”

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin cukupbaik. Dalam kaitannya dengan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap peserta didik serta peran Kepalasekolah dan Guru Baca Tulis Al-Qur’an dapat memberikan kontribusi yang besar dalam rangka untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam hal Baca Tulis Al-Qur’an dengan tartil maupun dengan lagu tilawah serta penulisan ayat-ayat Al-Qur’an agar lebih maksimal. Hambatan dalam mengikuti ekstrakulikuler  BTQ meliputi: Problem motivasi, Problem metode, Problem waktu,  Problem lingkungan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Aji, Seno, 2010, Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Sikap Keagamaan Pada Remaja Di Desa Muara Teladan, (Sekayu, Fakultas STAIR)

Alim Muhammad, 2006, Pendidikan Agama Islam( Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim), Cet.I, ( Bandung : PT. Remaja Rosda Karya)

An Nawawi Abdurrahman, Pendidikan Islam Di rumah, Sekolah dan Di Masyarakat. 1995, (Jakarta Gema Insani.)

Athiyah Al Abrasyi Muhammad, 1980, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Cet. IV, ( Bandung : AL Ma’rif)

Bisri, Fil.I, Akhlak, ( Jakarta Pusat : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia)

Daud Ali Mohammad, 2013, Pendidikan Agam Islam, ( Jakarta : Rajawali Pers )

Departemen Agama RI, Al Qur’an Dan Terjemahan, 2000, (Semarang : PT. As Syifa)

Fatimah Enung, 2006, Psikolgi Perkembangan ( Perkembangan peserta didik), (Bandung : PT. Pustaka Setia)

Febyola, 2004, Anak-anak Muslim Indonesia, ( Jakarta Apollo)

Yusuf LN, Syamsu, 2017, Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja, (Bandung, PT. Remaja Rosda Karya)

Muhammad, 2011, Metode Penelitian Bahasa, (Yogyakarta : Ar Ruzz)

Moleong, J Lexy, 1991, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya)

Mardalis, 2004, Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal, ( Jakarta: Bumi Aksara)

Kartino Kartini, 1995, Psikologi Anak, Psikologi Perkembangan, ( Bandung : PT. Mandar Maju)

Yowono, 1999, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia ( Surabaya: Arkolis)

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Safitri, D. (2023). K KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMBACA AL-QUR’AN DI SD NEGERI 2 BAYAT ILIR KECAMATAN BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 4(1), 55-66. Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/35