K KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMBACA AL-QUR’AN DI SD NEGERI 2 BAYAT ILIR KECAMATAN BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN
Kata Kunci:
Ekstrakulikuler, Mengembangkan Kemampuan, Baca Tulis AL-Qur’anAbstrak
Abstrak: Tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin, Untuk mengetahui hambatan-hambatan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Baung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin dan Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 2 Bayat llir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Jenis penelitian pada karya ilmiah ini adalah Field Research (penelitian lapangan) yaitu penelitian yang dilaksanakan di suatu tempat , dan tempat itu di luar perpustakaan dan laboraturium. dan ditunjang dengan referensi-referensi yang relevan dengan judul penelitian ini. Yaitu di SDN 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Memakai dua jenis data: kualitatif dan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 57 orang merupakan siswa siswi Kelas 1 sampai kelas IV SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. yang dipilih dengan “sampling”
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin cukupbaik. Dalam kaitannya dengan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap peserta didik serta peran Kepalasekolah dan Guru Baca Tulis Al-Qur’an dapat memberikan kontribusi yang besar dalam rangka untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam hal Baca Tulis Al-Qur’an dengan tartil maupun dengan lagu tilawah serta penulisan ayat-ayat Al-Qur’an agar lebih maksimal. Hambatan dalam mengikuti ekstrakulikuler BTQ meliputi: Problem motivasi, Problem metode, Problem waktu, Problem lingkungan.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Aji, Seno, 2010, Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Sikap Keagamaan Pada Remaja Di Desa Muara Teladan, (Sekayu, Fakultas STAIR)
Alim Muhammad, 2006, Pendidikan Agama Islam( Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim), Cet.I, ( Bandung : PT. Remaja Rosda Karya)
An Nawawi Abdurrahman, Pendidikan Islam Di rumah, Sekolah dan Di Masyarakat. 1995, (Jakarta Gema Insani.)
Athiyah Al Abrasyi Muhammad, 1980, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Cet. IV, ( Bandung : AL Ma’rif)
Bisri, Fil.I, Akhlak, ( Jakarta Pusat : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia)
Daud Ali Mohammad, 2013, Pendidikan Agam Islam, ( Jakarta : Rajawali Pers )
Departemen Agama RI, Al Qur’an Dan Terjemahan, 2000, (Semarang : PT. As Syifa)
Fatimah Enung, 2006, Psikolgi Perkembangan ( Perkembangan peserta didik), (Bandung : PT. Pustaka Setia)
Febyola, 2004, Anak-anak Muslim Indonesia, ( Jakarta Apollo)
Yusuf LN, Syamsu, 2017, Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja, (Bandung, PT. Remaja Rosda Karya)
Muhammad, 2011, Metode Penelitian Bahasa, (Yogyakarta : Ar Ruzz)
Moleong, J Lexy, 1991, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya)
Mardalis, 2004, Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal, ( Jakarta: Bumi Aksara)
Kartino Kartini, 1995, Psikologi Anak, Psikologi Perkembangan, ( Bandung : PT. Mandar Maju)
Yowono, 1999, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia ( Surabaya: Arkolis)
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
STAI Rahmaniyah, Jln. Merdeka No. 531 Sekayu Musi Banyuasin Sum-Sel
Telp. 0714-3241894 Fax. 0714-323055, Email. stair.rahmaniyah@gmail.com