ME MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA MELALUI STRATEGI QUANTUM QUETIENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI TASA XV KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN
Kata Kunci:
Meningkatkan Daya Ingat Siswa, Strategi Quantum Quetient, Strategi PembelajaranAbstrak
Abstrak: Penelitian ini mengambil tema “Meningkatkan Daya Ingat Siswa Melalui Strategi Quantum Quetient Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Tasa XV Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin”,
Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan Penerapan Strategi Quantum Quetient Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Tasa XV Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin sudah berjalan dengan baik, penerapan Strategi Quantum Quetient di lakukan dengan tindakan yang dapat meningkatkan daya ingat siswa dengan Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelas dilakukan dengan cara menghafal cepat dengan tehnik menyanyi dan meringkas materi yang disampaikan oleh guru meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan observasi. Daya Ingat Siswa setelah Penerapan Strategi Quantum Quetient terlihat meningkat. Pada proses pembelajaran siswa juga terlihat termotivasi dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Quantum Quetient terbuksti skor dari nilai test yang dilakukan oleh penulis menunjukkan skor nilai di atas 70 sebanyak 27 orang siswa dan yang mendapat skor nilai dibawah 70 hanya berjumlah 2 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan test.
Referensi
Ahmadi, 2006. Psikologi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 1998. Menejemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arifin, Muzayyin, 2011. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Atkinson dan Shiffrin. 2008. Perjenjangan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Identifikasi Berfikir Kreatif Siswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Buzan, Toni, 2006. Gunakan Memori Anda. Batam: Interaksa
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. UU Republik Indonesia. Jakarta: Reneka cipta
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Terjamah dan Tajwid. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema
Kosasih Nandang, Dede Sumama, 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta
Makmud, 2010. Psikologi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia.
Nggermanto, Agus. 2002. Quantum Quotient, (Kecerdasan Quantum). Bandung: Nuansa
Nuryani,Y. R. 2012. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : Alfabeta
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rita L. Atkinson dkk, 2000. Introdoction To Psychology. Surabaya: Interaksi
Santrock. 2008. Psikologi. Jakarta: Erlangga
Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi
Salma, Dewi Prawiradilaga. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Putra Grafindo
Syaodih, Nana, Sukmadinata. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda karya
S. Aji Indianto, 2015. Kiat-kiat Mempertajam Daya Ingat hafalan Pelajaran, Yogyakarta, Diva Press
Walgito, Bimo, 2007. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi Offise
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
STAI Rahmaniyah, Jln. Merdeka No. 531 Sekayu Musi Banyuasin Sum-Sel
Telp. 0714-3241894 Fax. 0714-323055, Email. stair.rahmaniyah@gmail.com