IM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS IV SDN 1 MUARA TELADAN KECAMATAN SEKAYU MUSI BANYUASIN
Kata Kunci:
Implementasi, Team Quiz, Motivasi belajarAbstrak
Abstrak:
Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan langkah-langkah mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di lapangan seperti diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari perolehan data tersebut kemudian di analisis, setelah di pelajari, di baca, dan tela’ah, langkah berikutnya adalah mengadakan reduksi data yang di lakukan dengan jalan membuat abstraksi, yaitu usaha untuk membuat rangkuman inti, proses dan pernyataan-pernyataan yang perlu di jaga sehingga tetap berada di dalamnya. Langkah selanjuntnya adalah menyusun dalam satuan-satuan. Satuan-satuan tersebut kemudian di kategorisasikan pada langkah-langkah berikutnya. Pada proses belajar siswa memerlukan adanya motivasi sebagai penggerak aktivitas kegiatan di dalamnya. Dalam suatu Pembelajaran pada hakikatnya sangat terkait dengan bagaimana membangun interaksi yang baik antara dua komponen yaitu guru dan anak didik. Penerapan metode team quiz tersebut dapat dilakukan dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu cara yang guru terapkan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan pendidikan yang diselenggarakan dalam pembelajaran dikelas. Adapun rumusan masalahnya Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas III SDN 1 Muara Teladan Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin dan Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Model Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas III SDN 1 Muara Teladan Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin.
Dari metode yang penulis gunakan dalam menganalisis data, terdapat hasil penelitian yakni yang pertama, Implementasi Model Pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Mata Pelajaran PAI kelas III SDN 1 Muara Teladan, Sudalh di lalksalnalkaln dengaln balik terbukti dari hasil pengalmaltaln dengaln malteri yalng sudalh di tentukaln, calral belaljalr siswal sangat alntusials sekalli, terbukti dari hasil observasi dan wawancara. Kemudian langkah-langkah dalam penerapan metode tersebut sudah di terapkan cukup baik. Sehingga dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik.
Kedua Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Model Pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Mata Pelajaran PAI Kelas III SDN 1 Muara Teladan Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin. Faktor yang dapat menghambat pelaksanaan pembelajaran yaitu aldalnyal keterbaltalsaln walktu daln kemalmpualn pesertal didik yalng berbedal-bedal daln upalyal untuk mengaltalsi falktor penghalmbalt pendidik dalpalt melalkukaln perubalhaln dallalm pembualtaln rencalnal pelalksalnalaln pembelaljalraln untuk mempermudalh daln mempersingkalt walktu dallalm menyialpkaln penggunalaln model pembelaljalraln. Faktor yang mendukung pelaksanaan model pembelajran Team Quiz yaitu aldalnyal minalt pesertal didik dallalm mengikuti pembelaljalraln, aldalnyal komunikalsi alntalr pendidik daln peserta ldidik yalng balik salalt pembelaljalraln daln aldalnyal peraln pendidik yalng berkompetensi.
Referensi
Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI SDN 1 Muara Teladan dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung implementasi model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SDN 1 Muara Teladan Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yakni: mereduksi data, menyajikan data dan penalaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI SDN 1 Muara Teladan, Sudalh di lalksalnalkaln dengaln balik terbukti dari hasil pengalmaltaln dengaln malteri yalng sudalh di tentukaln, calral belaljalr siswal sangat alntusials sekalli, terbukti dari hasil observasi dan wawancara. Kemudian langkah-langkah dalam penerapan metode tersebut sudah di terapkan cukup baik. Sehingga dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tercapainya tujuan pembelajaran melalui meningkatnya motivasi belajar anak didik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
STAI Rahmaniyah, Jln. Merdeka No. 531 Sekayu Musi Banyuasin Sum-Sel
Telp. 0714-3241894 Fax. 0714-323055, Email. stair.rahmaniyah@gmail.com