IM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS IV SDN 1 MUARA TELADAN KECAMATAN SEKAYU MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Indira Bayu

Kata Kunci:

Implementasi, Team Quiz, Motivasi belajar

Abstrak

Abstrak:      

Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang mengguna­kan metode kualitatif dengan langkah-langkah mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di lapangan seperti diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari perolehan data tersebut kemudian di analisis, setelah di pelajari, di baca, dan  tela’ah, langkah berikutnya adalah mengadakan reduksi data yang di lakukan dengan jalan membuat abstraksi, yaitu usaha untuk membuat rangkuman inti, proses dan pernyataan-pernyataan yang perlu di jaga sehingga tetap berada di dalamnya. Langkah selanjuntnya adalah menyusun dalam satuan-satuan. Satuan-satuan tersebut kemudian di kategorisasikan pada langkah-langkah berikutnya. Pada proses belajar siswa memerlukan adanya motivasi sebagai penggerak akti­vitas kegiatan di dalamnya. Dalam suatu Pembelajaran pada hakikatnya sangat terkait dengan bagaimana membangun interaksi yang baik antara dua komponen yaitu guru dan anak didik. Penerapan metode team quiz tersebut dapat dilakukan dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu cara yang guru terapkan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan pendidi­kan yang diselenggarakan dalam pembelajaran dikelas. Adapun rumusan masalahnya Bagaimana Im­plementasi Model Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Motivasi Be­lajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas III SDN 1 Muara Teladan Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin dan Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Model Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas III SDN 1 Muara Teladan Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin.

           Dari metode yang penulis gunakan dalam menganalisis data, terdapat hasil penelitian yakni yang pertama, Implementasi Model Pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Mata Pelajaran PAI kelas III SDN 1 Muara Teladan, Sudalh di lalksalnalkaln dengaln balik terbukti dari hasil pengalmaltaln dengaln malteri yalng sudalh di tentukaln, calral belaljalr siswal sangat alntusials sekalli, terbukti dari hasil observasi dan wawancara. Kemudian langkah-langkah dalam penerapan metode tersebut sudah di terapkan cukup baik. Sehingga dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik.

            Kedua Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Model Pembelaja­ran Team Quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Mata Pe­lajaran PAI Kelas III SDN 1 Muara Teladan Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin. Faktor yang dapat menghambat pe­laksanaan pembelajaran yaitu aldalnyal keterbaltalsaln walktu daln kemalmpualn pe­sertal didik yalng berbedal-bedal daln upalyal untuk mengaltalsi falktor penghalmbalt pendidik dalpalt melalkukaln perubalhaln dallalm pembualtaln rencalnal pelalksalnalaln pembelaljalraln untuk mempermudalh daln mempersingkalt walktu dallalm menyialp­kaln penggunalaln model pembelaljalraln. Faktor yang mendukung pelaksanaan model pembelajran Team Quiz yaitu aldalnyal minalt pesertal didik dallalm mengikuti pembelaljalraln, aldalnyal komunikalsi alntalr pendidik daln peserta ldidik yalng balik salalt pembelaljalraln daln aldalnyal peraln pendidik yalng berkompetensi.

Referensi

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI SDN 1 Muara Teladan dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung implementasi model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SDN 1 Muara Teladan Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yakni: mereduksi data, menyajikan data dan penalaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI SDN 1 Muara Teladan, Sudalh di lalksalnalkaln dengaln balik terbukti dari hasil pengalmaltaln dengaln malteri yalng sudalh di tentukaln, calral belaljalr siswal sangat alntusials sekalli, terbukti dari hasil observasi dan wawancara. Kemudian langkah-langkah dalam penerapan metode tersebut sudah di terapkan cukup baik. Sehingga dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tercapainya tujuan pembelajaran melalui meningkatnya motivasi belajar anak didik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Bayu, I. (2025). IM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS IV SDN 1 MUARA TELADAN KECAMATAN SEKAYU MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 8(1). Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/68