ME MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA MELALUI STRATEGI QUANTUM QUETIENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI TASA XV KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Ermalinda Ermalinda
  • Isna Nuraeni

Kata Kunci:

Meningkatkan Daya Ingat Siswa, Strategi Quantum Quetient, Strategi Pembelajaran

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini mengambil tema “Meningkatkan Daya Ingat Siswa Melalui Strategi Quantum Quetient Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Tasa XV Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin”,

Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan Penerapan Strategi Quantum Quetient Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Tasa XV Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin sudah berjalan dengan baik, penerapan Strategi Quantum Quetient di lakukan dengan tindakan yang dapat meningkatkan daya ingat  siswa dengan Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelas dilakukan dengan cara menghafal cepat dengan tehnik menyanyi dan meringkas materi yang disampaikan oleh guru meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan observasi. Daya Ingat Siswa setelah Penerapan Strategi Quantum Quetient terlihat meningkat. Pada proses pembelajaran siswa juga terlihat termotivasi dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Quantum Quetient terbuksti skor dari nilai test yang dilakukan oleh penulis menunjukkan skor nilai di atas 70 sebanyak 27 orang siswa dan yang mendapat skor nilai dibawah 70 hanya berjumlah 2 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan test.

Referensi

Ahmadi, 2006. Psikologi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1998. Menejemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arifin, Muzayyin, 2011. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Atkinson dan Shiffrin. 2008. Perjenjangan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Identifikasi Berfikir Kreatif Siswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Buzan, Toni, 2006. Gunakan Memori Anda. Batam: Interaksa

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. UU Republik Indonesia. Jakarta: Reneka cipta

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Terjamah dan Tajwid. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema

Kosasih Nandang, Dede Sumama, 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta

Makmud, 2010. Psikologi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia.

Nggermanto, Agus. 2002. Quantum Quotient, (Kecerdasan Quantum). Bandung: Nuansa

Nuryani,Y. R. 2012. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : Alfabeta

Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rita L. Atkinson dkk, 2000. Introdoction To Psychology. Surabaya: Interaksi

Santrock. 2008. Psikologi. Jakarta: Erlangga

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi

Salma, Dewi Prawiradilaga. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Putra Grafindo

Syaodih, Nana, Sukmadinata. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda karya

S. Aji Indianto, 2015. Kiat-kiat Mempertajam Daya Ingat hafalan Pelajaran, Yogyakarta, Diva Press

Walgito, Bimo, 2007. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi Offise

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Ermalinda, E., & Nuraeni, I. (2023). ME MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA MELALUI STRATEGI QUANTUM QUETIENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI TASA XV KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 5(2), 11-23. Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/37