PENG PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA DI SD NEGERI CINTA KARYA KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • m-izul ummam

Kata Kunci:

Dukungan orang tua siswa, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran PAI

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan orang tua siswa di SD Negeri Cinta Karya Plakat Tinggi’,  prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa di SD Negeri Cinta Karya Plakat Tinggi’, pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar PAI di SD Negeri Cinta Karya Plakat Tinggi’.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Field Research denganteknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi untuk mengamati dan mencatat dukungan orang tua siswa di SD Negeri Cinta Karya Plakat Tinggi’, teknik angket mengumpulkan data mengenai dukungan orang tua siswa di SD Negeri Cinta Karya Plakat Tinggi dan teknik dokumentasi untuk memperoleh data pendukung penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic Inferensial kuantitatif.

Adapun hasil penelitiannya yaitu: (1) Dukungan orang tua di SD Negeri Cinta Karya Plakat Tinggidengan jumlah skor dukungan = 1292 dengan persepsi 25 responden itu 1292:1500 = 86%, sehingga dukungan orang tua dikategorikan tinggi. (2) Mayoritas prestasi belajar siswa PAI di SD Negeri Cinta Karya Plakat Tinggi adalah tinggi. Hal itu didasarkan bahwa nilai rata-rata siswa untuk mata pelajaran PAI yang mendapat nilai sangat tinggi 80 ke atas ada 2 siswa (8%), yang mendapat nilai tinggi 70 – 79 ada 17 siswa (68%), dan yang mendapat nilai sedang 60 – 69 ada 6 siswa (24%). (3) Pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar PAI  di SD Negeri Cinta Karya Plakat Tinggi korelasi antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa tidak ada korelasi signifikan, dilihat dari hasil analisa data bahwa diperoleh 0,1651 pada koefisien korelasi Product Moment terletak pada 0,00-0,20 yaitu korelasi yang sangat lemah (dianggap tidak ada). Nilai rxy diperoleh 0,1651 sedangkan rt taraf signifikasi 5% 0,3961, ternyata rxy lebih kecil dari rt taraf signifikasi 5%. Maka hipotesa alternatif (Ha) ditolak dan hipotesa nihil (Ho) diterima.

Referensi

Aprilianto, Toge. 2013. Saatnya Melatih Anakku Berpikir: Berpikir secara Tepat untuk Meraih Kedewasaan.(Bandung, Nuansa Cendekia).

Arifin, H.M. 2008. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner.(Jakarta, PT Bumi Aksara).

Dapertemen Agama RI. 2006. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya. (Bandung, PT. Syaamil Cipta Media).

Daradjat, Zakiah. 1973. Peranan Agama dalam Kesahatan Mental. (Jakarta, Gunung Agung).

Daulay, Haidar Putra. 2009. Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta, PT Rineka Cipta).

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan.2013. Strategi Belajar Mengajar (Jakarta, Renika Cipta).

Fatrurrahman, Pupuh dan Sutikno, M. Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. (Bandung, Rafika Aditama).

Ghozaly, Evi. 2019. Mendidik dengan Cinta (Jakarta, Prenadamedia Group).

Giri Prawiyogi, Anggy. 2020. efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendikia Purwakarta. (Karawang, Universitas Buana Perjuangan).

Hasbullah. 2001. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta, Raja Grafindi Persada)

Hasbullah. 2001. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta, Raja Grafindi Persada).

Hidayah Fajriyah, Nur. 2012. Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta. (Surakarta, UMS).

Ihsan. H. Faud. 1996. Dasar-dasar Pendidikan. (Jakarta, Rineka Cipta).

Jalaluddin dan Hawi, Akmal. 2005. Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Palembang, IAIN Raden Fatah).

Khasanah, Mahmudatul. 2020. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Tahfidz Ar-Risalah Kec. Bandungan Tahun ajaran 2019/2020. (Salatiga, IAIN Salatiga)

Margono S., 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Jakarta, Renika Cipta).

Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan (Bandung, Al Ma’arif).

Marliyah, Lina, Fransisca I. R. Dewi, dan P. Tommy Y. S Suyasa, “Persepsi terhadap Dukungan Orang Tua dan Pembuatan Keputusan Karir Remaja,” Jurnal ProvitaeVol. 1, No. 2.

Mawarto, Runtut. 2012. Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 1 Suka Maju Plakat Tinggi (Sekayu, STAIR).

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. (Bandung, Remaja Rosdakarya).

Nasution S. 1996. Metode Research (Penelitian Ilmiah) (Jakarta, Bumi Aksara).

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Histiris, Toritis dan Praktis (Jakarta, Ciputat Pers)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

ummam, m- izul. (2023). PENG PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA DI SD NEGERI CINTA KARYA KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 5(2), 47-57. Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/40