EF EFEKTIVITAS PENGGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMAJARAN SKI DI KELAS VII MTs NEGERI 1 MUSI BANYUASIN
Kata Kunci:
Penggunaan Google Classroom,, pembelajaran SKIAbstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran SKI di kelas VII MTs Negeri 1 Musi Banyuasin. Untuk mengetahui hasil belajar penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran SKI di kelas VII MTs Negeri 1 Musi Banyuasin. 3. Untuk mengetahui Efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar dalam pembelajaran SKI di kelas VII MTs Negeri 1 Musi Banyuasin.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (Mixed Method Research)dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII berjumlah 250 siswa dan satu orang guru mata pelajaran SKI kelas VII. Sampel pada penelitian ini 25% dari 250 siswa yaitu berjumlah 63 siswa, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisa statistik yang paling tepat digunakan untuk judul yang memiliki korelasi adalah rumus korelasi product moment. Data dalampenelitianinidiperoleh darihasil angket, observasi,wawancara,dan dokumentasi.
Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran SKI di kelas VII MTs Negeri 1 Musi Banyuasin secara keseluruhan dilihat dari data hasil analisis termasuk dalam kategori baik berada pada rentangan presentasi keberpengaruhan 75% - 100% terhadap 63 siswa yang dijadikan sampel ternyata skor sebesar 93,47%. Hasil belajar menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran SKI di kelas VII MTs Negeri 1 Musi Banyuasin termasuk dalam kategori baik, berada pada rentangan persentase keberpengaruhan 75%-100% terhadap 63 siswa yang dijadikan sampel ternyata skor sebesar 95,75%. Efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar dalam pembelajaran SKI di kelas VII MTs Negeri 1 Musi Banyuasin interpretasi data terhadap angka indeks korelasi product momet ternyata angka korelasi antara variabel x dan y tidak bertanda negatif, berarti di antara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi berjalan searah).
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Aulia, S. (2020). Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi. 20 juli. http://www.suara.com/yoursay/2020/09/25/1 75556/pembelajaran-daring-pada-masapandemi
Barir,Hakim.(2016).Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, GoogleClassroom dan Edmod. Jurnal I-STATEMENT. Volume2 Nomor1. (juli 2021)
Berliana,dewi, Analisis penggunaan Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa, skripsi S1 FKIP UNPAS, 2020,
Departemen Agama Republik Indonesia. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung:Syamil Cipta Media
Dhimas Bagas Panca Pradana dan Rina Harimurti,pengaruh Penggunaan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal IT-Edu Universitas Negri Surabaya. Vol.02 No 01 2017.
Elisa,edi, juli 2016, Pengertian Pembelajaran, Education channel indonesia.
Ernawati,S.Pd.(2018). Pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa,Skripsi SI UIN Syarif Hidayatullah JAKARTA.
Ifthkar, Shampa. "Google Classroom: What Works And How?".Journal of Education and Social Sciences. 2016.
Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011
Ine I. Amirman Yousda dan Zainal Arifin, Penelitian dan Statistik Pendidikan, akarta: Bumi Aksara, 2016,
Iskandar, dkk.2020.AplikasiPembelajaran TIK.YayasanKita Menulis (diakses padatanggal 20 April 2020, pukul 14.00 WIB).
Iskandar, dkk.2020.AplikasiPembelajaran TIK.YayasanKita Menulis (diakses padatanggal 20 juni 2021, pukul 14.00 WIB).
Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring).TheProgressiveand Fun Education Seminar.
Japar, dkk.Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. (diakses pada tanggal 21 juli2021, pukul 09.00 WIB).
Kemendiknas. 2003. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Depdiknas,jakarta
Kuntarto,E. (2017). KeefektifanModelPembelajaranDaringdalam Perkuliahan Bahasa IndonesiadiPerguruan Tinggi.Indonesian LanguageEducationand Literature, 3(1),
Lestari,I.D.(2018).PerananGuruDalam PenggunaanMediaPembelajaran Berbasis Information and Communication Technology(ICT)Di SDN RRI Cisalak
M. Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
M.Irham dan Novan Ardy W,Psikologi Pendidikan-Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran,(Yogyakarta:Ae-Ruzz Media,2016)
Mardiasmo. (2017). OtonomidanManajemen Keuangan Daerah.Yogyakarta:andi,
Miftah.M. (2013). Fungsi, dan Peranan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan Vol.1.(Juni 2021).
Muhammad Natsir, Metode Penelitian. Jakarta: Galia Indonesia, 2017.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pekei,beni .2016. Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Buku 1 Jakarta Pusat: Taushia,
Prof.Dr.Syaiful Sagala,M.Pd.Konsep dan Makna pembelajaran, (Bandung :Alfabeta,2011)
Qomariah, S.,Nursobah S.L.(2019).Implementasi pemanfaatan Google Classroomdi Erarevolusi 4.0.SINDIMAS.2019JUL29;1(1):
Ratri, S. M. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan E-Learning. Moodle Oleh Guru Smk Negeri 2 Yogyakarta Dengan Pendekatan TechnologyAcceptanceModel (Tam).
Rusman,Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21,(Bandung;Alfabeta,2013).
S. Margono, Metodologi Penelitian dan Penulisan Laporan Ilmiah, (Yogyakarta: UII Press,2003.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali Pers
Shampa iftakhar,”Google Classroom: Whats Works And How?”Jurnal of Education and Social Sciences, Vol.3.Tahun2016.
Sumiati dan Asra,Metode Pembelajaran.(Yogyakarta:CV WACANA PRIMA, 2011)
Tim penyusun kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia(Jakarta: Balai Pustaka),Cet ke-8
Tohirin. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan BimbinganKonseling.”Jakarta:RajawaliPers,(2013)
Trianto,Pembelajaran Terpadu,(Jakarta:Bumi Aksara,2010)
Vicky Dwi Wicaksono dan Putri Rachmadyanti, Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar, Jurnal Sminar NasionalPendidikan PGSD UMS & HDPGSDI. Wilayah Jawa.Universitas Negri Surabaya.
Wahyono,P., & Husamah, H. (2020). Jurnal pendidikan profesi guru .
Yurianto,Ahmad,Bambang Wibowo.CompasTV.2020.Diakses pada tanggal 25 september 2021.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
STAI Rahmaniyah, Jln. Merdeka No. 531 Sekayu Musi Banyuasin Sum-Sel
Telp. 0714-3241894 Fax. 0714-323055, Email. stair.rahmaniyah@gmail.com