KP KORELASI PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 GAJAH MATI KECAMATAN SUNGAI KERUH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Sonin Sonin STAI RAHMANIYAH
  • Siska
  • Rizki

Kata Kunci:

Korelasi, Profesionalisme Guru PAI, Motivasi Kerja Siswa

Abstrak

ABSTRAK

           Guru profesional yang memiliki kompetensi yang baik dan bekerja sesuai dengan kompetensinya akan mendatangkan motivasi belajar dan mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang baik. Karena anak didik (siswa) akan melihat bagaimana sikap dan perbuatan guru itu sehari-hari, apakah memang ada yang patut diteladani atau tidak, termasuk juga ketauladanan guru sesuai dengan peran dan tingkat profesionalismenya dalam bekerja.  Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  tingkat profesionalisme Guru Pendidika Agama Islam (PAI) dan motivasi belajar siswa, serta hubungan profesionalisme guru PAI dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Gajah Mati dengan jumlah populasi 189 dan sampel 30 siswa dari kelas 1-6. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif yang menggambarkan keadaan sekarang.

Adapun hasil dari penelitian ini, profesionalisme guru PAI berada dalam kategori sedang karena di dominasi oleh 18 respon (60%) dari jumlah skor total responden menjawab sedang atau berada pada angka 26-29. Kemudian untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa berdasarkan hasil  perhitungan angket juga di ketahui bahwa motivasi belajar siswa  dalam kategori sedang, yakni di dominasi oleh 18 responden (60%), demikian juga jika di ukur dari kehadiran siswa di kategorikan sedang karena di dominasi oleh (50%) atau 15 orang. Hubungan profesionalisme guru PAI dengan motivasi belajar  siswa diperoleh angka interpretasi  df = N-nr = 30-2 =28 maka diperoleh r tabel dengan tingkat signifikan 5% sebesar 0,361 dan pada taraf signifikansi 1% besarnya r tabel 0,306 sementara nilai r hitung diatas menunjukan nilai 0,762 artinya lebih besar dari r tabel tingkat signifikan 5% (0,361) dan  r tabel tingkat signifikansi 1% (0,306) dan nilai thitung  6,29 > ttabel dengan tingkat signifikansi 5% sebesar 1,701 dan ttabel dengan tingkat signifikansi 1% sebesar 1,313. Jadi peneliti simpulkan bahwa frekuensi profesional guru memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 1 Gajah Mati.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, H. M., Ilmu Pendidikan Islam Tijauan Teoritis dan Praktik Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta : Sinar Grafika, 2003

Darajat, zakiah, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Rineka Cipta, 1999

Hadis Abdul, Psikologi dalam Pendidikan, Bandung : alfabeta, 2006

Hamalik, Oemar 2006, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta:PT. Bumi Aksara,

Kamal, Muhammad .Isa. 1994 , Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta : pt. fikahatiAnesta

Kunandar. 2007, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mukhtahar, 2023. Desain Pembelajar Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : CV Misaka Galiza)

Nashar. 2004, Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Tujuan Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press

Nata, Abudin, 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta : Kencana)

Ni’am Asrorun Sholeh. 2006 membangunkan Profesionalitas Guru Analisis Kronologis atas atas lahirnya UU Guru dan Dosen, Jakarta : el.SAS

Sardiman A.. 2011 , Interaksi & M otivasi Belajar Mengajar,Jakarta: Rajawali Perss

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada 2005

Sudjana, Nana, 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : SB Algesindo)

Surya, Mohammad. 2006 percikan perjuangan Guru Menuju Profesional, sejahtera dan terlindung. Bandung : Bani Quraisy

Tafsir, Ahmad 2005, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Usman M Uzer. 2006 Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Yamin, Martinis 2007, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta : Gaung Persada Press

Zuhaili, Muhammad, Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini, Jakarta : A.H Ba’adillah Press, 2002

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-31 — Diperbaharui pada 2024-02-19

Versi

Cara Mengutip

Sonin, S., Sundari, S., & Ramadhani, R. (2024). KP KORELASI PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 GAJAH MATI KECAMATAN SUNGAI KERUH KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 6(1), 1 - 15. Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/50 (Original work published 31 Januari 2024)