PE PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI 2 MANGUN JAYA KECAMATAN BABAT TOMAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Sonin Sonin STAI RAHMANIYAH
  • Anisa

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Model Picture And Picture, Meningkatkan Hasil Belajar

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama, Bagaimana penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran PAI di kelas III di SD Negeri 2 Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin, Kedua,Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI di kelas III SD Negeri 2 Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture, ketiga Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 2 Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin.

Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian Eksperimen Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi,wawancara, dokumentasi dan tes. Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri 2 Mangun Jaya. Dan teknik Analisis data menggunakan desain uji T. Adapun hasil penelitian, yaitu : setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture adalah dari hasil analisis data yang diperoleh setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran PAI dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategor tinggi sebanyak terdapat 19 orang siswa atau ( 61,29 %). Sedangkan yang termasuk kategori sedang terdapat 8 orang siswa atau (25,8 % ). Sementara yang termasuk kategori rendah terdapat 4 orang siswa atau( 12,9%). Dan ketiga, Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 2 Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin dari analisi dari perhitungan uji T deperoleh nilai ternyata t hitung > t tabel atau 4,028 > 1,670 Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil  belajar siswa kelas III di SD Negeri 2 mangun Jaya jika penerapan model pembelajaran picture and picture dilakukan secara maksimal.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Tafsir. 2016. Ilmu Pendidikan DalamPerspektif Islam. (Bandung, RemajaRosdakarya).

Arcaro, S. Jerome. 2005. Pendidikan BerbasisMutuPrinsip-Prinsip Dan Tata Langkah Penerapan. (Yogyakarta, Pustaka Pelajar).

Bower, H. Gordon dan Hilgard, R. Ernest. 1975. Theories Of Learning. (Washington, United Stated Of Amerika).

Daradjat, Zakiah, 2017. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta, Bumi Angkasa)

Djamara, Bahri, Syaiful, 2002. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta, Rineka Cipta)

Hamalik, Oemar. 2015. Metode Belajar Dan KegunaanBelajar. (Bandung, SinarBaru).

Hardini, Isriani, S.S., M.A, Dewi Puspitasari, M.Pd. 2012. Strategi PembelajaranTerpaduTeoriKonsep Dan Implementasi. (Yogyakarta).

HermantoHeriAsep. 2019. PengembanganKurikulum Dan Pembelajaran. (Jakarta, Universitas Terbuka).

Indriawati, Herea. 2020. Mode l Pembelajaran Picture and Picture. (Indramayu, Adanu Abimata).

Marno dan Idris, 2017. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. (Yogyakarta, Ar- Ruzz Media).

Muhammad Ali, 2010. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. (Bandung, Sinar Baru Algensindo).

Muhaimin dkk, 2012. Strategi Belajar Mengajar. (Surabaya, Citra Media)

Meles, B. Matew. ddk. 1993. Analisa Data Kuantitatif. (Jakarta, UI Press).

Narbuko, Cholid. 2010. MetodePenelitian. (Jakarta, BumiAksara).

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. (Jakarta, Ciputat Pres).

Purwanto, Ngalim, M., 2002. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Prakti., (Bandung, Remaja Rosda karya)

PH.D, Johnson, B. Elaine. 2006. Contextual Teaching And Learning, What It Is Why It’ Shere To Stay. (Bandung, MLC).

Rusman, 2018. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. (Depok, Rajawali Pers)

Rusyan, Tabrani. A., 2018. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. (Bandung, Sinar Baru).

Rudi, Susilana. 2006. Kurikulum Dan Pembelajaran. (Bandung).

Sujana, Nana, 2010. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. (Bandung, Sinar Baru).

Sulfemi, Wahyu Bagja dan Hilga Minati, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar.

Suryono, 2011. Guru Profesional Tuntutan Reformasi Pendidikan yang Tak Terelakkan. (Jakarta Buletin Pusat Perbukuan, Buletin Pusat Perbukuan)

Siti, Murtiningsih. 2006. Pendidikan Alat Perlawanan, Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. (Magelang, RESIST Book).

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. (Jakarta, Rineka Cpta).

Sugiyono. 2005. MemahamiPenelitianKualitatif. (Bandung, Alfabeta).

Tafsir, Ahmad, 2016. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. (Bandung, Remaja Rosda Karya).

Widodo, Sugeng dan Utami, Dian. Belajardan Pembelajaran. (Yogyakarta, Graha Ilmu).

Zuhairini, ddk. 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. (Solo, Ramadhani).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Sonin, S., & Apriani, A. (2023). PE PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI 2 MANGUN JAYA KECAMATAN BABAT TOMAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 5(2), 1-10. Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/39