PENG PENGGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTs. ADABIYAH ISLAMIYAH KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Authors

  • rosdalina rosdalina

Keywords:

Flipped Classroom, Learning Metho

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pertama, Penggunaan Metode Pembelajaran Flipped Clasroom dalam Pembelajaran Al-  Qur’an  Hadist di  MTs  Adabiyah  Islamiyah Kecamatan  Lais, kedua, Faktor Pendukung Dan Penghambat Penggunaan Metode Flipped Clasroom dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang dilakukan secara tatap muka di  MTs  Adabiyah Islamiyah Kecamatan Lais. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dan jenis data dalam penelitian ini adalah data Kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 31 orang dan 1 guru PAI di MTs. Adabiyah Islamiyah  Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Analisa data dalam penelitin ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah, pertama, Penggunaan Metode Pembelajaran Flipped Clasroom dalam Pembelajaran Al-  Qur’an  Hadist di  MTs  Adabiyah  Islamiyah Kecamatan  Lais dilaksanakan guru dengan menyusun RPP, memberikan materi terlebih dahulu melalui media online, mengirim video tentang pembelajaran dan di diskusikan pada saat pembelajaran tatap muka. Kedua, Faktor Pendukung Dan Penghambat Penggunaan Metode Flipped Clasroom dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist di  MTs  Adabiyah Islamiyah Kecamatan Lais adalah faktor pendukung seperti penyediaan sarana dan prasarana dirasa kurang dalam pembelajaran ini, seperti penyediaan wifi yang perlu ditambah, penyediaan alat peraga, kurangnya pembinaan terhadap guru dalam penerapan model pembelajaran ini sehingga dalam pemberian materi atau pembuatan instrumen pembelajaran guru agak kesulitan dan untuk hal itu guru memanfaatkan internet untuk membantu dalam pembuatan instrumen pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung lainnya adalah siswa lebih kreatif dalam mengemukakan pendapatnya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa juga lebih leluasa dalam berfikir dan menemukan pembelajaran yang baik dalam memahami pembelajaran dengan waktu yang banyak selama di rumah.

References

Aulia,S. 2020. Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi. http://www.suara.com /yoursay/2020/09/25/175556/ pembelajaran-daring-pada masa pandemi. Di akses pada 20 november 2022.

B Suryo Subroto, 2005. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Agama Republik Indonesia. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Syamil Cipta Media.

Dewi Berliana, 2020. Analisis Penggunaan Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Skripsi S1 FKIP UNPAS

Hadi, Yusuf, Miarso, 2004. Menyemai Benih Terknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Isman,M, 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education Seminar.

I. Ine, Amirman Yousda dan Zainal Arifin, 2016. Penelitian dan statistik Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Kemendiknas, 2003. Undang-undang nomor 20 tahun 2033 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.

Margono, S, 2003. Metodologi Penelitian danPenulisan laporan ilmiah. Yogyakarta :UII Pres

Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurukulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moh Uzer Usman, 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moh.Uzer Usman, Lilis Setiawati, 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya

Natsir, Muhammad, 2017. Metode Penelitian. Jakarta: Galia Indonesia

Sadirman,A.M.2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharsimi Arukunto, 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjono, Anas, 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo persada

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, 2004. Kamus Besar Bahasa Insonesia. Jakarta: Balai Pustaka, cet -8.

Wahyono,P.,& Husamah, H, 2020. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. diakses November 2022.

Wawancara Ibu Dra.Hartati Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Adabiyah Islamiyah Kecamatan lais.

Published

2023-07-31

How to Cite

rosdalina, rosdalina. (2023). PENG PENGGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTs. ADABIYAH ISLAMIYAH KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 5(2), 58-70. Retrieved from http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/42