E EFEKTIFITAS PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PERKULIAHAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RAHMANIYAH (STAIR) SEKAYU MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Litado Dwi Jusma
  • Eni STAI Rahmaniyah

Kata Kunci:

E-Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan efektifitas penggunaan e-learning pada perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah (STAIR) Sekayu Musi Banyuasin.  Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah (STAIR) Sekayu Musi Banyuasin, mahasiswa  semester 4 pada mata kuliah Evaluasi Pendidikan. Penelitian empiris dengan pendekatan before and after treatment. Selama 14 kali pertemuan dibagi 2 siklus selama 4 bulan. Dengan rincian pertemuan 6 pertemuan diawal berupa penyajian dan pembahasan materi belum menggunakan sistem pembelajaran e-learning tes awal dilakukan pada pertemuan ke-7 berupa post test. Sedangkan pertemuan ke 8 sampai pertemuan ke 13 adalah penyajian dan pembahasan materi telah menggunakan sistem pembelajaran e-learning dan tes akhir dilakukan pada pertemuan ke 14 berupa post tes. Selain itu pengambilam data menggunakan sebaran angket sebanyak 20 objek penelitian, untuk menjaring tentang motovasi belajar, yang akan digunakan untuk menganalisis mengenai efektifitas penggunaan e-learning secara deskriftif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dari 82,35 dengan kategori cukup sebelum dilakukan tindakan menjadi 85,25 dengan katagori amat baik setelah dilakukan tindakan. Dan mendapatkan respon positif dari mahasiswa mengenai penggunaan e-learning pada pembelajaran yang terbukti dari hasil angket yang disebar dengan skor 85 % menyatakan pendapatnya bahwa menyukai belajar dengan menggunakan e-learning karena mendapatkan pengalaman baru dan lebih mengenal teknologi dalam pembelajaran. Dan para mahasiswa dapat melaksanakan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.

 

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ariniwahyu, 2012, E-Learning Dalam Pembelajaran Yang Efektif, http://ariniwahyu.wordpress.com/2012/01/06

http://www.silabus.web.id/e-learning

http://www.dosenpendidikan.co.id/e-learning

http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian e-learning

Kholipah, 2006, Efektifitas Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran, http://ppjp.ulm.ac.id/Journal Index.php/article/ view/10206

Mandandi, 2021, Pengertian e-Learning, http://www.Mandandi.com/2021/02

.

Nasution, S, 2003, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara,

Purwanto, M. Ngalim MP. 1993. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya

Rusman, 2014, Model Model Pembelajaran Mengembangkan Keberhasilan Guru, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan, (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitataf) Bandung: Alfabeta,

Syaiful Bahri Jamarah, 1997, Strategi Belajar Mengajar,Jakarta, Rineka Cipta

Tabrani Rosyan, et.al, 1994, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosda Karya.

Ulya Qonita, Efektifitas Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran masa pandemik, http://www.academia.edu

Wahosumidjo, 1992, Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Dwi Jusma, L., & Elyati, E. (2022). E EFEKTIFITAS PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PERKULIAHAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RAHMANIYAH (STAIR) SEKAYU MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 2(1). Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/19