R RELASI SOSIAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Penulis

  • Eni Elyati
  • Litado Dewi Jusma

Kata Kunci:

Relasi Sosial, Perspektif, Islam

Abstrak

Abstrak: Relasi sosial ialah hubungan antar-individu yang berlangsung dalam satu komunitas masyarakat. Hubungan ini dapat bercorak positif, dan tidak jarang beratribut negatif; tergantung dinamika hubungan dalam masyarakat. Hubungan ini, dalam istilah Islam klasik, disebut hablu min an-nas. Seorang muslim yang baik mampu menjaga hubungan horizontal dengan sesama makhluk dan hubungan vertikal dengan Allah. Ketidakmampuan seseorang membangun hubungan horizontal yang harmonis mengindikasikan hubungannya dengan Allah pun belum baik. Hakikat dari sesorang yang benar-benar menjalankan semua perintah Allah dan meninggalkan semua larangannya (taqwa) adalah ketika ia mampu menjaga relasi yang baik dalam dua dimensi tersebut. Allah SWT menciptakan manusia di bumi ini dengan berbagai suku, adat, bangsa, dan negara.Hal ini bertujuan untuk saling mengenal dan tercipta relasi sosial. Dalam Al-Qur’an terdapat isyarat-isyarat mengenai relasi sosial yang berkaitan dengan relasi sosial antar bangsa, bernegara maupun relasi yang berhubungan antar agama. Hal ini yang kemudian penulis teliti untuk mendapatkan jawaban yang berkaitan dengan relasi sosial dalam perspektif Islam, perspektif Islam disini dilihat dari Al-Qur’an dan Hadist mengenai relasi sosial dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan lingkup sosial. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif berdasarkan kajian pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dan dokumen literatur yang sesuai dengan topik yang dikaji untuk kemudian dianalisis menggunakan teori-teori yang didapat. Adapun analisis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deduktif.

 

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Amin, Muhammad. 2022, Relasi Sosial dalam Al-Qur’an, Journal of Quran and Tafseer Studies, Vol. 1,No. 1.

Ali, Mukti, dkk. 1998, Agama dalam Pergumulan Masyarakat Kontemporer, Cet. I, Yogyakarta: Tira Wacana.

http://Al-Ijtima’i-internasional Journal of Government and social Science.

Idi, Abdullah. 2015, Dinamika Sosiologis Indonesia: Agama dan Pendidikan dalam Perubahan Sosial. Yogyakarta:LKiS Pelangi Aksara.

Hidayati, D. S. 2014, Peningkatan Relasi Sosial Melalui Social Skill Therapy pada Penderita Schizophrenia Katatonik. Jurnal Online Psikologi, 2 (1)

Nata, Abuddin.2019, Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nizar, Samsul. 2022, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktik, Jakarta: Ciputat Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Rebuplik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, CetIII.3rded. Jakarta: Balai Pustaka.

Qurthubi, Syaikh Imam. 2009.”Tafsir Al-Qurtubi Akhmad Khatib”, Jakarta:

Pustaka Azzam.

Raharjo, Dawam. 2002, Ensiklopedia Islam: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci, Jakarta: Paramadina.

Soekanto, Soerjono, 2010, Sosiologi Suatu Pengantar, Cet.43. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shihab, Quraish. 1998.”Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudu’I atas Berbagai

Persoalan Umat”, Bandung: Mizan.

Shihab, Quraish. 2007.”Tafsir al-Misbah”, Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, Quraish, 2007, Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat, Jakarta: Mizan.

Sholichah, Aas Siti, 2019, Konsep Relasi Sosial dalam Al-Qur’an, Jurnal Mumtaz, vol. 3, no. 1.

Suheli, Ahmad. 2017, Realisasi Agama Islam dalam Kehidupan Sosial, Jurnal Prodi Ilmu Hadist Fakultas Ushuluddin UIN SMH Banten

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Elyati, E., & Dewi Jusma, L. (2023). R RELASI SOSIAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 4(1), 25-38. Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/32