KA KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR’AN DISEKOLAH TAHFIDZ PLUS KHOIRU UMMAH PALEMBANGDENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Penulis

  • Hellen Tiara

Kata Kunci:

Karakteristik, Pembelajaran Bahasa Arab, Teori Konstruktivisme

Abstrak

Abstrak: Bahasa Arab bukan hanya sekedar bahasa Agama Islam - karena kitab suci Al-Quran diturunkan dengan berbahasa Arab tetapi juga bahasa dunia internasional yang dipakai oleh masyarakat global dalam berbagai bidang; sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa Arab penting untuk dikuasai, seperti halnya bahasa inggirs dan bahasa dunia internasional lainnya.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-studikasus. Penelitian kualitatif menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif model analisis data Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.

Adapun Hasil Dari Penelitian Ini 1. Konsep pendekatan konstruktivisme  dalam pembelajaran Bahasa arab  berbasis alqur’an disekolah tahfizh plus khoirul ummah Palembang dalam konstruktivisme mengharuskan guru menyusun dan melaksanakan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa agar aktif membangun pengetahuannya sendiri. menurut paham konstruktivisme, keberhasilan belajar tidak hanya bergantung pada lingkungan atau kondisi belajar tetapi juga pada pengetahuan awal siswa dan melibatkan pembentukan makna oleh mereka itu sendiri berdasarkan apa yang telah mereka lakukan atau lihat dan dengar. 2.Tujuan konstruktivisme  dalam pembelajaran Bahasa arab  berbasis alqur’an disekolah tahfizh plus khoirul ummah Palembang Tujuan pembelajarannya merupakan salah satu hal pokok yang harus diketahui dan disadari betul oleh seorang guru sebelum mengajar.  Sebab tujuan merupakan landasan berpijak dari suatu pekerjaan, dengan tujuan seseorang akan memperoleh petunjuk mengenali arah yang harus dilalui dan titik akhir yang harus dicapai. 3. Metode konstruktivisme  dalam pembelajaran Bahasa arab  berbasis alqur’an disekolah tahfizh plus khoirul ummah Palembang Dengan menggunakan metode pembelajaran, proses pembelajaran nampak menyenangkan dan tidak membuat peserta didik suntuk sehingga dapat menangkap ilmu yanng diberikan oleh pendidik dengan mudah. Jika pembelajaran tanpa metode, maka proses pembelajaran tidak akan terlaksana dengan baik.4. Evaluasi konstruktivisme  dalam pembelajaran Bahasa arab  berbasis alqur’an disekolah tahfizh plus khoirul ummah Palembang kegiatan mengevaluasi atau mengoreksi hal-hal yang telah terjadi atau dilakukan selama kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung untuk bisa mengetahui pembelajaran yang telah disampaikan baik it materi ataupun soal-soal yang berkaitan dengan Alqur’an.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Sani, Ridwan. Inovasi Pembelajaran, Jakarta : Pt Bumi Aksara : 2014.

Aisah, Siti. “Penerapan Aktive Learning Strategi Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Alquran Hadist Dimadrasah Tsanawiyah Negeri 2 Labuhanbatu”.Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sumatera Utara Medan (2019) Tesis

Ansari, Bansu Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar, (Banda Aceh: Pena, 2016)

Anwar, Chairul. Hakikat manusia dalam pendidika, Yokyakarta : Suka pres, 2019.

Andriani, Asna. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam”, Ta’allum Jurnal Pendidkan islam, Vol3, Nomor 1,2025

Annijat Siti Maimunah. Pendekatan Konstruktivisme Dalam Membaca Pemahaman Bagi Peserta didik Kelas V SD Negeri Kota Malang. El-Hikmah. Vol 1 No.1.2003

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Asyrofi, Syamsuddin dkk, Metodologi pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta:Pokja Akademik,2006

Asmani, Jamal Mu’mar. Tips Menjadi Gguru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif Yogyakarta: Diva Press, Cetakan VII, 2010

Bagus Ida Putrayasa, Buku Ajar Landasan Pembelajaran, (Bali, Undiksha Press, 2013)

Bambang Supomo, Nur Indriantoro Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (Yogyakarta: BPFE, 2002),

Creswell, Jhon W. Research Design Yogyakarta : Pustaka Pelajar,2016

Hanafy, Muh. Sain. “Konsep Belajar dan Pembelajaran”, Lentera Pendidikan,Vol. 17 No. 1 Juni, 2014

Heni Sunarsih, Karwono. ” Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar”(Jakarta : Rajawali Pres, 2012

Jamal Asmani Mu’mar. Tips Menjadi Gguru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif Yogyakarta: Diva Press, Cetakan VII, 2010

Kutha Nyoman Ratna, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Maolani dkk, Metodologi Peneltian Pendidikan Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016

Muasommah . Nurlaila Analilis pembelajaran bahasa arab berbasis konstruktivisme di MAN 1 Pamekasa.2020.

Moleong, Laxy J. Metode Penelitian Kuakitatif Edisi Revisi, Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 2012

Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya 2007

Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Ararb, Yogyakarta:Diva Press,2012

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen Yogyakarta: BPFE, 2002

Nurohman, Sabar “Peningkatan Thinking Skills Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Kosntruktivisme di Sekolah Alam”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, No. 1 Tahun XI, 2008

Putrayasa, Ida Bagus Buku Ajar Landasan Pembelajaran, Bali, Undiksha Press, 2013

Prastowo,Andi. Pembelajaran Konstruktivisme Scientific Untuk Pendidikan Agama Islamdi Sekolah Atau Madrasah Teori Aplikasi Dan Riset Terkait, Jakarta : Rajawali Pres, 2014

Rahman, Taufiqur. Aplikasi Model-Model Pembelajaran, Semarang : Cv Pilar Nusantara,2018

Ratna, Nyoman Kutha. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Rohani, Ahmad. Pengelolaan pembelajaran, Jakarta Rineka Cipta,2010

Widodo, Sembodo Ardi Dkk, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Al ArabiyahVolume 1. Nomor 2 .Yogyakarta Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah,2005

Saidah, Zahrotus. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Konstruktivisme Untuk Generasi Digiital” Program Studi Pengkajian Islam UIN Syarif Hidyatullah Jakarta,(2014) Tesis

Silviannisa, Rizki .“Optimalisasi Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Peningkatan Motivasi Beribadah Siswa Dan Penguatan Pendidikan Religius (Studi Multi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sedati dan Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo)” Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel Surabaya, (2018) Tesis

Suparno, Paul,Filsafat Konstruktifisme Dalam Pendidikan, Cet. 7. (Yogyakarya: Kanisius, 2007),

Nurlaila,Muasommah Analilis pembelajaran bahasa arab berbasis konstruktivisme di MAN 1 Pamekasa.2020.Jurnal Taqdir.

Nurlela, Kereta Cahaya”Perjalanan Khoirul Ummah Sebagai Sebagai Sekolah Tahfiz Plus” (Bogor Pustaka Media Guru) 2016

Satori. Djam’an,Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung:Alfabeta,2010)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) Bandung: Alfabeta, 2006

Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011

Udin S. Winatapura Teori Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka, 2012

Wardoyo, Sigit Mangun. Pembelajaran Konstruktivisme Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Karakter. Bandung. Alfabeta, 2013

Winatapura, Udin S. Teori Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka, 2012

Zakaria, Effandi dkk, Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik, (Kuala Lumpur: Utusan Publicators and Distributors, 2007)

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Tiara, H. (2023). KA KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR’AN DISEKOLAH TAHFIDZ PLUS KHOIRU UMMAH PALEMBANGDENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 4(1), 39-46. Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/36