KA KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR’AN DISEKOLAH TAHFIDZ PLUS KHOIRU UMMAH PALEMBANGDENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
Kata Kunci:
Karakteristik, Pembelajaran Bahasa Arab, Teori KonstruktivismeAbstrak
Abstrak: Bahasa Arab bukan hanya sekedar bahasa Agama Islam - karena kitab suci Al-Quran diturunkan dengan berbahasa Arab tetapi juga bahasa dunia internasional yang dipakai oleh masyarakat global dalam berbagai bidang; sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa Arab penting untuk dikuasai, seperti halnya bahasa inggirs dan bahasa dunia internasional lainnya.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-studikasus. Penelitian kualitatif menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif model analisis data Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Adapun Hasil Dari Penelitian Ini 1. Konsep pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran Bahasa arab berbasis alqur’an disekolah tahfizh plus khoirul ummah Palembang dalam konstruktivisme mengharuskan guru menyusun dan melaksanakan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa agar aktif membangun pengetahuannya sendiri. menurut paham konstruktivisme, keberhasilan belajar tidak hanya bergantung pada lingkungan atau kondisi belajar tetapi juga pada pengetahuan awal siswa dan melibatkan pembentukan makna oleh mereka itu sendiri berdasarkan apa yang telah mereka lakukan atau lihat dan dengar. 2.Tujuan konstruktivisme dalam pembelajaran Bahasa arab berbasis alqur’an disekolah tahfizh plus khoirul ummah Palembang Tujuan pembelajarannya merupakan salah satu hal pokok yang harus diketahui dan disadari betul oleh seorang guru sebelum mengajar. Sebab tujuan merupakan landasan berpijak dari suatu pekerjaan, dengan tujuan seseorang akan memperoleh petunjuk mengenali arah yang harus dilalui dan titik akhir yang harus dicapai. 3. Metode konstruktivisme dalam pembelajaran Bahasa arab berbasis alqur’an disekolah tahfizh plus khoirul ummah Palembang Dengan menggunakan metode pembelajaran, proses pembelajaran nampak menyenangkan dan tidak membuat peserta didik suntuk sehingga dapat menangkap ilmu yanng diberikan oleh pendidik dengan mudah. Jika pembelajaran tanpa metode, maka proses pembelajaran tidak akan terlaksana dengan baik.4. Evaluasi konstruktivisme dalam pembelajaran Bahasa arab berbasis alqur’an disekolah tahfizh plus khoirul ummah Palembang kegiatan mengevaluasi atau mengoreksi hal-hal yang telah terjadi atau dilakukan selama kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung untuk bisa mengetahui pembelajaran yang telah disampaikan baik it materi ataupun soal-soal yang berkaitan dengan Alqur’an.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Sani, Ridwan. Inovasi Pembelajaran, Jakarta : Pt Bumi Aksara : 2014.
Aisah, Siti. “Penerapan Aktive Learning Strategi Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Alquran Hadist Dimadrasah Tsanawiyah Negeri 2 Labuhanbatu”.Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sumatera Utara Medan (2019) Tesis
Ansari, Bansu Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar, (Banda Aceh: Pena, 2016)
Anwar, Chairul. Hakikat manusia dalam pendidika, Yokyakarta : Suka pres, 2019.
Andriani, Asna. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam”, Ta’allum Jurnal Pendidkan islam, Vol3, Nomor 1,2025
Annijat Siti Maimunah. Pendekatan Konstruktivisme Dalam Membaca Pemahaman Bagi Peserta didik Kelas V SD Negeri Kota Malang. El-Hikmah. Vol 1 No.1.2003
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Asyrofi, Syamsuddin dkk, Metodologi pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta:Pokja Akademik,2006
Asmani, Jamal Mu’mar. Tips Menjadi Gguru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif Yogyakarta: Diva Press, Cetakan VII, 2010
Bagus Ida Putrayasa, Buku Ajar Landasan Pembelajaran, (Bali, Undiksha Press, 2013)
Bambang Supomo, Nur Indriantoro Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (Yogyakarta: BPFE, 2002),
Creswell, Jhon W. Research Design Yogyakarta : Pustaka Pelajar,2016
Hanafy, Muh. Sain. “Konsep Belajar dan Pembelajaran”, Lentera Pendidikan,Vol. 17 No. 1 Juni, 2014
Heni Sunarsih, Karwono. ” Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar”(Jakarta : Rajawali Pres, 2012
Jamal Asmani Mu’mar. Tips Menjadi Gguru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif Yogyakarta: Diva Press, Cetakan VII, 2010
Kutha Nyoman Ratna, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Maolani dkk, Metodologi Peneltian Pendidikan Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016
Muasommah . Nurlaila Analilis pembelajaran bahasa arab berbasis konstruktivisme di MAN 1 Pamekasa.2020.
Moleong, Laxy J. Metode Penelitian Kuakitatif Edisi Revisi, Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 2012
Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya 2007
Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Ararb, Yogyakarta:Diva Press,2012
Nur Indriantoro dan Bambang Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen Yogyakarta: BPFE, 2002
Nurohman, Sabar “Peningkatan Thinking Skills Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Kosntruktivisme di Sekolah Alam”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, No. 1 Tahun XI, 2008
Putrayasa, Ida Bagus Buku Ajar Landasan Pembelajaran, Bali, Undiksha Press, 2013
Prastowo,Andi. Pembelajaran Konstruktivisme Scientific Untuk Pendidikan Agama Islamdi Sekolah Atau Madrasah Teori Aplikasi Dan Riset Terkait, Jakarta : Rajawali Pres, 2014
Rahman, Taufiqur. Aplikasi Model-Model Pembelajaran, Semarang : Cv Pilar Nusantara,2018
Ratna, Nyoman Kutha. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Rohani, Ahmad. Pengelolaan pembelajaran, Jakarta Rineka Cipta,2010
Widodo, Sembodo Ardi Dkk, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Al ArabiyahVolume 1. Nomor 2 .Yogyakarta Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah,2005
Saidah, Zahrotus. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Konstruktivisme Untuk Generasi Digiital” Program Studi Pengkajian Islam UIN Syarif Hidyatullah Jakarta,(2014) Tesis
Silviannisa, Rizki .“Optimalisasi Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Peningkatan Motivasi Beribadah Siswa Dan Penguatan Pendidikan Religius (Studi Multi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sedati dan Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo)” Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel Surabaya, (2018) Tesis
Suparno, Paul,Filsafat Konstruktifisme Dalam Pendidikan, Cet. 7. (Yogyakarya: Kanisius, 2007),
Nurlaila,Muasommah Analilis pembelajaran bahasa arab berbasis konstruktivisme di MAN 1 Pamekasa.2020.Jurnal Taqdir.
Nurlela, Kereta Cahaya”Perjalanan Khoirul Ummah Sebagai Sebagai Sekolah Tahfiz Plus” (Bogor Pustaka Media Guru) 2016
Satori. Djam’an,Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung:Alfabeta,2010)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) Bandung: Alfabeta, 2006
Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
Udin S. Winatapura Teori Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka, 2012
Wardoyo, Sigit Mangun. Pembelajaran Konstruktivisme Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Karakter. Bandung. Alfabeta, 2013
Winatapura, Udin S. Teori Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka, 2012
Zakaria, Effandi dkk, Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik, (Kuala Lumpur: Utusan Publicators and Distributors, 2007)
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
STAI Rahmaniyah, Jln. Merdeka No. 531 Sekayu Musi Banyuasin Sum-Sel
Telp. 0714-3241894 Fax. 0714-323055, Email. stair.rahmaniyah@gmail.com