Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2024-02-19. Baca versi terbaru.

MEN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGENAL RASUL-RASUL ALLAH SWT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE DAN NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SDN 08 LUBUKLINGGAU

Penulis

  • Arni Mabruria
  • Salman

Kata Kunci:

Prestasi Belajar, Strategi, Model Pembelajaran

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Example dan Non Example dalam meningkatkan  prestasi  belajar siswa kelas V SDN 08 Lubuklinggau pada mata pelajaran PAI mengenai materi Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yakni menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus kegiatan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.

Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi. Data dikumpulkan melalui sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer yang menjadi subjek penelitian berjumlah 26 orang siswa Kelas V SDN 08 Lubuklinggau meliputi 18 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan, yaitu data tentang keaktifan dan prestasi siswa. Sedangkan sumber data skunder adalah sumber data selain sumber data primer, yaitu dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDN 08 Lubuk linggau pada mata pelajaran PAI dilihat dari Pertama, nilai rata-rata kelas berdasarkan hasil tes pra siklus 63,46%, Siklus II hasil tesnya mengalami peningkatan menjadi 84,35%. Kedua, secara klasikal siswa yang tuntas belajar dari 30,77% pra siklus dan pada akhir siklus II dalam penelitian ini siswa yang memperoleh nilai sesuai KKM mencapai 92,31%,

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Bahri Djamarah Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompeiensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Bahri Djamarah, Syaiful. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdikbud. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Recearch). Jakarta: Dirjen Dikdasmen dan Dikmenum.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hawi, Akmal. 2005. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Ibnu Badar Al-Tabany, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konseptual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Noer Aly, Hery. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Poerwanti. Endang. 2008. Ayo Praktik PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rasail Media Group.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Saminanto. 2010. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti.

Sardiman A.M,. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss.

Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Solmin, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suparta, Munzier dan Hery Noer Aly. 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-31 — Diperbaharui pada 2024-02-19

Versi

Cara Mengutip

Mabruria, A., & Salman, S. (2024). MEN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGENAL RASUL-RASUL ALLAH SWT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE DAN NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SDN 08 LUBUKLINGGAU. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 6(1), 46 - 55. Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/46 (Original work published 31 Januari 2024)