PP PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD N 3 ULAK PACEH KECAMATAN LAWANG WETAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Pera Muliana

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kontekstual, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Pelajaran PAI

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD N 3 Ulak Paceh Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin, kedua, dan  mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran Kontekstual pada mata pelajaran PAI di SD N 3 Ulak Paceh Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin, serta mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD N 3 Ulak Paceh Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin. Jenis data dalam penelitian ini adalah mengunakan data Kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, tes digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan media audio visual pada materi  Rasul Allah Idolaku di kelas V, tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa  kelas V. Wawancara dan dokumentasi.   Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus statistik tes uji “T” untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas V, yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan di SD N 3 Ulak Paceh.

Adapun hasil penelitian, yaitu pertama, hasil dari analisis penilaian kemampuan guru diperoleh yaitu skor bernilai 4,5 dan dapat diartikan bahwa skor yang diperoleh pada skala penilaian bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual dilakukan berlangsung secara baik.  Kedua, Berdasarkan uji normalitas dari kedua data di atas dapat disimpulkan dari hasil pretest nilai Km sebesar 0,75 terletak antara -1 dan +1 dalam ( -1<0,01<1) dan  nilai Km pada hasil post test sebesar 0,11 terletak antara -1 dan +1 dalam ( -1<0,01<1) menunjukan hasil belajar kedua data adalah normal atau valid. Ketiga berdasarkan perhitungan dengan rumus uji “ t” diperoleh thitung  sebesar 2,211 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk = ( n1+n2)-2 atau ( 25+25)-2 = 48 dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,677. Setelah dikonsultasikan ternyata t hitung > ttabel  atau 2,211 > 1,677. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan menyatakan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil  belajar siswa kelas V di SD N 3 Ulak Paceh dan berdasarkan observasi aktivitas belajar siswa, adanya peningkatan keaktifan siswa dalam belajar.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Tafsir, 1999 Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, (Bandung, Remaja Rosdakarya)

Arifin Zainal 2013 Evaluasi Pembelajaran. (Bandung, PT.Remaja Rosdakarya)

Anas. Sujono 2005 Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azyumardi, Azra, 2000 Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millinium Baru, (Jakarta, Logos Wacana Ilmu)

Djamarah. Strategi 2002 Belajar Mengajar. (Jakarta, Rineka Cipta)

Esa Nur Wahyuni, dan Badaruddin, 2020 Teori Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta, Ar-Ruzz Media)

Elida, Prayitno 1987 Motivasi dalam Belajar, (Jakarta, PPPLPTK)

Hamruni, 2012 Strategi Pembelajaaran (Surabaya)

Hamalik, Oemar 2007 Proses Belajar, (Jakarta, Bukti Aksara)

Jamali, Sahrodi, dkk, 2005 Membedakan Nalar Pendidikan Islam; Pengantar Ke Arah Ilmu pendidikan Islam. (Yogyakarta, Puataka Rihlah)

Muaimain, dkk, 2004 Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di sekolah, (Bandung, Remaja Rosdakarya)

Muhabbinsyah, 2009 Psikologi Belajar, (Jakarta, Raja Grafindo Persada)

Murdianto, 2013 Strategi Pembelajaran (Jakarta, Rineka Cipta)

Majid, Abdul. 2013 Strategi Pembelajaran, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Alfabeta)

Muhaimin, dkk, 1996 Strategi Belajar Mengajar, Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, (Surabaya, Citra Media)

Mudjiono, Damayanti 2002 Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta, Rineka Cipta)

Noviana. 2012 Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, (Surabaya, Unesa)

Nana Syaodih, Sukmadinata, 2003 Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya)

Robiatul A Siti. 2013 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 2 di Program Teknik Bangunan. Skripsi, (Bandung, UPI)

Roestiyah, 1994 Didaktik Metodik, (Jakarta, Bumi Aksara)

Robert. E. Slavin 1994 Educational Pshicology: Theory into Practice. (Prentice Hall: Enggelwood (liff)

Rahmayanti, Fitri, 2013 Huungan Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Ratna, Megawangi, 2004 Pendidikan Karatkter, Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. (Bandung, Star Energi)

Silberman Melvin, 2007 Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. (Yogyakarta, PT Pustaka Insan Madani)

Sudarman, Damin 2004 Inovasi Pendidikan, (Bandung, Pustaka Setia)

Singgih D. Gunarsa, 2006 Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. (Jakarta, Gunung Mulia)

Syamsul, Nizar, 2001 Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta, Gaya Media Pratama)

Sopiatin Popi. 2010 Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. (Jakarta, Ghalia Indonesia)

Sumiati. 2012 Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Skripsi, (Bandung, UPI)

Sarjuli, Strategi dkk 2001 Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz

Sanjaya, 2008 Kelebihan Dan Kekurangan Metode Team Quiz, (Jakarta, Bumi Aksara)

Sugiono, 2007 Metode Penelitian Bisnis, (Bandung, Alfabeta)

Sutrisno, Hadi 1986 Metogologi Reserch II, (Yogyakarta, Offset)

The Liang Gie. 2002 Cara Belajar yang Efisien, (Yogyakarta, Pusat Belajar Ilmu Berguana)

Tatik, Romlah, 2001 Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. (Malang)

T. Hani, Handoko 1992 Manajemen Personal dan Sumber Daya Manusia, edisi kedua, cetak ke empat. Penerbit (Yogyakarta, UGM)

Usman Huasaini 2011 dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta, Bumi Aksara)

W.S, Winkel 1991 Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah, (Jakarta, PT.Grasindo)

Winataputra, & T Soekamto 1997 Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, U.S.

Yamin, H. Martinis 2009 Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. (Jakarta, Gaung Persada)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-31 — Diperbaharui pada 2024-02-19

Versi

Cara Mengutip

Muliana, P. (2024). PP PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD N 3 ULAK PACEH KECAMATAN LAWANG WETAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 6(1), 71 - 84. Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/47 (Original work published 31 Januari 2024)