Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2024-02-19. Baca versi terbaru.

IMP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MA NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR

Penulis

  • Aiman Fikri Fikri STAI RAHMANIYAH
  • Atika Anggraini
  • Yulianti Yulianti

Kata Kunci:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Mutu Pembelajaran

Abstrak

ABSTRAK

Kurikulum Merdeka merupakan pengembangan kurikulum terbaru dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik diberikan ruang agar mereka mengembangkan potensi pada diri mereka dengan adanya kebebasan berfikir dan kebebasan otonomi yang diberikan oleh elemen pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka di MA Nurul Islam Bayung Lencir, (2) mengetahui peningkatan dalam mutu pembelajaran setelah menerapkan Kurikulum Merdeka di MA Nurul Islam Bayung Lencir.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan mengambil latarbelakang di MA Nurul Islam Bayung Lencir. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Waka bidang Kurikulum,Guru dan siswa. Metode pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang peneliti gunakan adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran  berbasis Kurikulum Merdeka di MA Nurul Islam Bayung Lencir telah mengikuti tahapan yang sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka walaupun terdapat kendala belum adanya buku pegangan siswa atau guru, alhasil guru menggunakan sumber belajar yang relevan, (2) Mutu pembelajaran mengalami  peningkatan pada prestasi belajar siswa, partisipasi aktif dalam pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, dan kualitas interaksi antara guru dan siswa. Meskipun masih terdapat kekurangan dalam indikator kreativitas, upaya terus dilakukan untuk mengembangkannya dari segi prestasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-31 — Diperbaharui pada 2024-02-19

Versi

Cara Mengutip

Fikri, A. F., Anggraini, A., & Yulianti, Y. (2024). IMP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MA NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 6(1), 16 - 30. Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/48 (Original work published 31 Januari 2024)