K KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LITERASI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN 18 PULAU RIMAU KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Siti Nurohmah

Keywords:

Kompetensi, Literasi, Media Pembelajaran

Abstract

Abstrac

This study aims to determine the competence of Islamic Religious Education teachers in learning media literacy at SDN 18 Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin. This study was conducted at SDN 18 Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin, using a qualitative descriptive method. The instruments used in data collection were structured and unstructured in-depth interviews, observation and documentation through four treatments, namely flash card media, Magnetic board, PowerPoint and story strips with qualitative descriptive data analysis with the following stages: 1) Data Reduction (Data reduction. 2) Data display (Data presentation). 3) Drawing conclusions and verification. The results obtained are the ability of Islamic Religious Education teachers to understand media literacy as the ability to apply media in their learning, the creativity of Islamic Religious Education teachers can be seen from the way they choose media, the ability of Islamic Religious Education teachers to understand the purpose of each use of learning media, and interest on the learning material so as to increase the motivation to learn.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi,

Jakarta : Bumi Aksara.

Amelia Rahmi, Pengenalan Literasi Media Pada Anak Usia Sekolah Dasar,

Volume 8, Nomor 2, April 2013

Bambang Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran,

Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka.

Abidin,Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi,

Jakarta : Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta:Bumi Aksara.

B. Suryosubroto. 2010 Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan.

Jakarta:Rineka Cipta.

Basuki, Sulistyo. 1994. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung:

Remaja Rosdakarya Offset.

Darmadi, Hamid. 2014.Metode Penelitian Pemdidikan Dan Sosial, Teori,

Konsep Dasar Dan Implementasi. Bandung:Alfabeta.

Darmono, 2001, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan

Sekolah, Jakarta:Grasindo.

http://new-media.kompasiana.com/2010/01/22/menggagas-media-literasi-masyarakat-maju/

Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta :

Rajawali Pers.

https://sevima.com/penertian-literasi-menurut-para-ahli

Iskandar. 2008.Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial,(Kualitatif

Dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Lexcy Moloeng, 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung :

Remaja Rosda Karya.

Malik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2015, Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan

Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia Group.

Nusa, Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti

Priyatni, Endah Tri Dan Nurhadi. 2017. Membaca Kritis Dan Literasi Kritis,

Tanggerang: Tira Smart.

Purwono, dkk. 2009. Materi Pokok Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia

-6; PUST2132. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suherman. 2009. Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah; Referensi

Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Bandung : Literate Publishing.

Shihab Najelaa. 2019 Literasi Menggerakkan Negeri, Serpong: Literati.

Sugiono.2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, Dan R&D,Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto B. 2010. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan,

Jakarta:Rineka Cipta.

Unang Wahidin 2018. Edukasi Islam : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.07 No. 02.

Published

2022-01-31

How to Cite

Nurohman, S. (2022). K KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LITERASI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN 18 PULAU RIMAU KABUPATEN BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 2(1). Retrieved from http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/17