K KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LITERASI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN 18 PULAU RIMAU KABUPATEN BANYUASIN
Kata Kunci:
Kompetensi, Literasi, Media PembelajaranAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam literasi media pembelajaran Di SDN 18 Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin. dilakukan di SDN 18 Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin, menggunakan metode deskriptif kualitatis. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah in-depth interview tersruktur dan tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi melalui empat kali perlakuan yaitu media flash card, Magnetic board, Power Point dan strip story dengan analisis data deskriptif kualitatif dengan tahapan sebagai berikut: 1) Data Reduction (Reduksi Data. 2) Data Dislay ( Penyajian Data), 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil yang didapat adalah Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam memahami literasi media sebagai kemampuan dalam mengaplikasikan media dalam pembelajarannya, Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam terlihat dari cara mereka dalam pemilihan media, Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam memahami tujuan pada setiap penggunaan media pembelajaran, dan ketertarikan pada materi pembelajaran sehingga menambah motivasi belajarnya.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi,
Jakarta : Bumi Aksara.
Amelia Rahmi, Pengenalan Literasi Media Pada Anak Usia Sekolah Dasar,
Volume 8, Nomor 2, April 2013
Bambang Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran,
Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka.
Abidin,Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi,
Jakarta : Bumi Aksara.
Bafadal, Ibrahim. 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta:Bumi Aksara.
B. Suryosubroto. 2010 Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan.
Jakarta:Rineka Cipta.
Basuki, Sulistyo. 1994. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung:
Remaja Rosdakarya Offset.
Darmadi, Hamid. 2014.Metode Penelitian Pemdidikan Dan Sosial, Teori,
Konsep Dasar Dan Implementasi. Bandung:Alfabeta.
Darmono, 2001, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan
Sekolah, Jakarta:Grasindo.
http://new-media.kompasiana.com/2010/01/22/menggagas-media-literasi-masyarakat-maju/
Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta :
Rajawali Pers.
https://sevima.com/penertian-literasi-menurut-para-ahli
Iskandar. 2008.Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial,(Kualitatif
Dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Lexcy Moloeng, 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung :
Remaja Rosda Karya.
Malik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyasa, 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2015, Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan
Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia Group.
Nusa, Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers.
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti
Priyatni, Endah Tri Dan Nurhadi. 2017. Membaca Kritis Dan Literasi Kritis,
Tanggerang: Tira Smart.
Purwono, dkk. 2009. Materi Pokok Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia
-6; PUST2132. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suherman. 2009. Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah; Referensi
Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Bandung : Literate Publishing.
Shihab Najelaa. 2019 Literasi Menggerakkan Negeri, Serpong: Literati.
Sugiono.2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, Dan R&D,Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto B. 2010. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan,
Jakarta:Rineka Cipta.
Unang Wahidin 2018. Edukasi Islam : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.07 No. 02.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
STAI Rahmaniyah, Jln. Merdeka No. 531 Sekayu Musi Banyuasin Sum-Sel
Telp. 0714-3241894 Fax. 0714-323055, Email. stair.rahmaniyah@gmail.com