P PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION WHEEL DALAM PENGAJARAN PAI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 UNGGUL SEKAYU

Authors

  • Ermalinda Ermalinda
  • Agam STAI Rahmaniyah

Keywords:

Media, Media Pembelajaran, Pengajaran PAI

Abstract

ABSTRAKThe theme of this research is the Use of Question Wheel Learning Media in Teaching PAI to Class X Students of SMAN 2 Sekayu. This research is a field research with correlation analysis, namely statistical analysis used to find the relationship or influence between two or more variables. The primary data sources in this study were students of class X SMAN 2 Sekayu.

Based on the results of data analysis, it is known that students' responses to the use of the Question Wheel learning media are classified as moderate with 93.75% in the medium category. The student learning outcomes using the media are classified as high with 53.12% of students in the high category. Furthermore, the relationship between student responses to the use of the Question Wheel media and student learning outcomes is quite significant, as evidenced by the r arithmetic greater than r table, namely 0.8257 (counted r value) > from 0.3494 (r table value).

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Muis Joenaidy.Guru Asyik, Murid Fantastik! Panduan mengajar agar Murid senang Belajar. Yogyakarta: DIVA Press, 2018

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Ahmad Iqbalul Ulya. Skripsi;Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4D pada Materi Pelajaran Alat Panca Indera Manusia Kelas V di Sekolah Dasar, Semarang: UNNES, 2019

Asti Triasih.2019. Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif & Kekinian pada Mata Pelajaran PAI & Budi Pekerti.(Jawa Timur: Mahameru Press.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Janah, metode Penelitian Kuantitatif Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008

Dimyati & Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran.( Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013) hal. 26

Djamarah, S.B. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.( Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000) hal. 47

Erlinta Wulan Hariyati dan Norida Candra Sakti, “Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Question Pada Kompetensi Dasar Kerjasama Ekonomi Internasional Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Porong”. Dalam E-Journal Universitas Negeri Surabaya, Vol. 6 No. 3, Tahun 2018

Fathonatun Nisak, Isnawati dkk, “Question Wheel Game Development As a Media to Intensify the Students’ Involvement and the Study Result in Fungi Lesson”. Dalam E-Journal Univesitas Negeri Surabaya, Vol. 5. No. 3, Tahun 2016

Ibrahim, M, Muluaningsih S Tjandrakirana, M Nur, and Kasdi. 2010. Dasar-Dasar Proses Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian. (Malang: UIN Malang Press, 2008)

Komariyah, Z. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran Matematika.

Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Masruroh, U. 2014. Pengembangan Media Permainan Penemuan Harta Karun Finding Treasure Pada Sub Pokok Bahasan Respirasi Sel. Jurnal Mahasiswa Teknik Pendidikan 3: 2.

Muhamad Ridwan Aziz, 2007. Pemanfaatan Software Berbasis Internet WIMS (WWW Interactive Multipurpose Server) Dalam Pembelajaran Limit Pada Siswa Kelas XI SMA N 2 Yogyakarta

Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

M. Iqbal Hasan, Pokok-pokok Materi Statistik II, Jakarta: Bumi Aksara, 2002

Riduwan. 2013. Dasar-dasarStatistika. Bandung: Alfabeta.

Sanaky, A, and Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sadiman. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, A.D.C & K.I. Supardi .2013.Pengaruh Model Turnament Media Tournament-Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Iovasi Pendidikan Kimia. Vol. 7, (2): Hal. 1220-1228.

Senja, Oky. 2016. Pengembangan Permainan Fortune Wheel Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Pph Pasal 21 Kelas XII Akuntasni SMK Negeri Di Surabaya. Jurnal yang di publikasikan.

Smith, M. K. 2010. Teori Pembelajaran Pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Sudjana, Nana, and A.R. 2010. Media Pengajaran.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

———. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ummi, Okviyoandra dkk, “Pengembangan Media Wheels Question Pada Materi Sistem Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 12 Banjarmasin”. Dalam E-Journal Universitas Islam Kalimantan Vol. 2 No. 1, Tahun 2019

Wulansari, Yuli.2016. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Roda Pintar Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Kelas XI. Jurnal yang di publikasikan.

Wina Sanjaya, M. Pd.2008. Perencanaan dan Desain system Pembelajaran.( Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2022-01-31

How to Cite

Ermalinda, E., & Aulia Fahlevi, A. (2022). P PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION WHEEL DALAM PENGAJARAN PAI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 UNGGUL SEKAYU. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 2(1). Retrieved from http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/18