U UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DAN XI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PGRI SEKAYU

Penulis

  • Yuniar Yuniar

Kata Kunci:

Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Peserta Didik

Abstrak

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar peserta didik, mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dan mengetahui faktor-faktor dalam mengaplikasikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.  Dilakukan di SMA PGRI Sekayu dengan  pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan instrument pengumpulan data observasi,  wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan mengggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode). Jenis kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik di SMA PGRI Sekayu masih tergolong ringan yaitu kesulitan berkonsentrasi dan merasa jenuh. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik ialah dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif, pemberian motivasi, penggunaan variasi metode dan pemilihan media pembelajaran yang tepat, memasukkan selingan humor dalam proses belajar mengajar serta diadakannya kelas remedial. Faktor upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar ialah kurangnya dukungan orang tua serta malasnya anak untuk mengulang kembali pelajaran di rumah. Solusinya yaitu mempertimbangkan baik-baik sebelum memberikan tugas kepada peserta didik. Sedangkan faktor pendukung upaya guru dalam mengatsi kesulitan belajar peserta didik ialah adanya sarana dan prasarana yang mendukung serta lingkungan sekolah yang baik

 

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. (Jakarta, PT. Rineka Cipta).

Akmal, Hawi. 2010. Kompetensi Guru PAI. (Palembang, Raffah Press).

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. ( Jakarta, Rajawali Pers).

Asep &kk. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. (Jakarta, Universitas Terbuka).

Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. ( Jogjakarta, Ar-Ruzz Media).

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan. (Jakarta, Rineka Cipta).

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. (Jakarta, PT. Rineka Cipta).

Jamaris, M. 2014. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. (Bogor, Gahlia Indonesia).

Jejen. 2015, Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan

Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia Group.

Manizar, Ely. 2009. Psikologi Pendidikan. (Palembang, Raffah Pers).

Marhijanto, Bambang. 1999. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini. (Surabaya, Terbit Terang). Musfah,

Nusa, Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers.

Poerwadarminta, W.J.S. 1987. Kamus Umum Bahasa Indonesia. (Jakarta, Balai Pustaka).

Sadiman, Arief S &kk. 2009. Media Pendidikan. (Jakarta, Raja Grapindo Persada).

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta, Rajawali Pers).

Sanjaya, Wina. 2007. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. ( Jakarta, Kencana Prenada Media Group).

Setiawan, Denny. 2009. Komputer dan Media Pembelajaran. (Jakarta, Universitas Terbuka).

Sudjana, Nana dan Rivai. 2002. Media Pengajaran. (Bandung, Sinar Baru Algensindo).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung, Alfabeta).

Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta, Holistica).

Udin S. 2007. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta, Universitas Terbuka)

Wahib, Abdul dan Mustaqim. 2010. Psikologi Pendidikan. (Jakarta, PT. Rineka Cipta).

Wiranataputra, S. Udin. 2007. Belajar dan Pembelajaran. ( Jakarta, Universitas Terbuka).

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Yuniar, Y. (2022). U UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DAN XI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PGRI SEKAYU. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 2(1). Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/16