I IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 GAJAH MATI SUNGAI KERUH

Penulis

  • Litado Dwi Jusma
  • Diska STAI Rahmaniyah

Kata Kunci:

Metode Simulasi, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini untuk mendiskripsikan Implementasi Metode simulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 1Gajah Mati Sungai Keruh. Desain penelitian ini menggunakan uji empiris dengan pendekatan before and after treatment, melibatkan 22 siswa kelas IV terdiri dari 12 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini diambil tiga materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu, Wudhu, Tayamum dan Shalat Teknik pengumpulan data dengan tiga prosedur. Hasil penelitian membuktikan Metode Simulasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar sebelum perlakuan tindakan sebesari 63,96 (cukup) meningkat menjadi 85,22. (amat baik) setelah perlakuan. Dari hasil kuesioner yang diajukan kepada siswa 100 % siswa senang dan setuju dengan penerapan metode simulasi ini pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Referensi

AM. Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

B Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin : Rineka Cipta.

Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Gava Media.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PALKEM. Semarang : Rasail Media Group.

Karwati, Euis dan Donni Juni P. 2014. Manajemen Kelas (Classroom Management). Bandung : Alfabeta.

Mansyur. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Direktorat Jendral Pembinaan Agama Islam UT.

Nur, Kardi. 2003. Pengantar pada Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya : Uni Press.

Rahman, Nazaruddin. 2009. Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Penelitian Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta : Pustaka Felisha.

Ramayulis. 2012. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, cet.VII. Jakarta : Kalam Mulia.

Rasito, H. 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Samsunuwiyat, Mari’at. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya.

Sri W, Anita. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 2005. CBSA dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Syaefudin Sau’ud, Udin. 2005. Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Triadmojo, Sofyan. 2000. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surakarta : Nusantara.

Zuriah, Nurul. 2009. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Dwi Jusma, L., & Kusuma, D. R. (2022). I IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 GAJAH MATI SUNGAI KERUH. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 3(2). Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/22