P PENGARUH PENDEKATAN FUNGSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Meri Ariyani

Kata Kunci:

Pendekatan Fungsional, Guru Pendidikan Agama Islam, Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan fungsional guru PAI terhadap akhlak siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Sekayu Musi banyuasin, dengan desain empiris parstisipan Uji analisis deduktif induktif dan dilanjutkan penggambaran hasil penelitian dengan pendekatan deskriftif kualitatif, mengenai  pengaruh pendekatan fungsional guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan objek terefleksi adalah  siswa kelas XII berjumlah 20 orang. Uji analisis deduktif induktif dilakukan dengan beberapa tahapan cara mengelompokkan. Pengaruh pendekatan fungsional guru PAI terhadap Akhlak siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, terdapat yakni 50%, berkategori sangat baik dengan frekwensi 10 siswa baik 30%, dengan frekwensi 6 siswa dan berkategori cukup 20% dengan frekwensi 4 siswa. Pendekatan fungsional guru PAI dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar mempunyai pengaruh terhadap Akhlak siswa di MAN 1 Sekayu, karena berdasarkan hasil wawancara dengan guru PAI, wakil kepala sekolah dan siswa serta observasi diketahui bahwa jika guru tersebut dikenal oleh masyarakat dikarenakan telah berhasil membimbing siswa-siswinya menjadi lebih baik.

Referensi

Daradjat, Zakiah.2015. Pengajaran Agama Islam.(Jakarta: BumiAksara).

Abdullah.Yatimin. 2016. StudiAkhlakDalamPersfektif Al-qur’an.(Jakarta:Amzah).

Imamgun, Mas.2016. fungsi guru dalamkelas. blogspot.com/htlm.

Daradjat,Zakiah. 2015.Pengajaran Agama Islam. (Jakarta, BumiAksara).

Ridwan. 2009. akhlaksiswa, www.google.com/amp/s/word press.com.

FatmayantiRahmawati,Anisa2017.PendekatanFunsionaldalampembelajaran,http://antpoersblogspot.com./htlm.

Mahsun.2016.Pendekatanfungsional.Diaksesdariwww.net/htlm

Sudarsono.2003.Kamus Agama Islam. (Jakarta, PtRinekaCipta)

Abdullah,Yatimin.2016StudiAkhlakDalamPersfektif Al-qur’an. (Jakarta,Amzah).

FauqiHajaj,Muhammad.2011. Tasawuf Islam danAkhlak. (Jakarta, Amzah).

Nanae.2016. Definisi Al-qur’andanHadits.Diaksesdariwww.google.com/amp/s/quranic wordpress.com.

Aqib,Zainal.2009.Menjadi Guru ProfesionalBerstandarNasional. (Bandung, Yramawidya)

Jalaluddin,2012.Psikologi Agama MemahamiPerilakudenganmengaplikasikanPrinsip-PrinsipPsikologi. (Jakarta, Pt Raja GrafindoPersada).

MajidKhon,Abdul. 2010. UlumulHadis. (Jakarta, BumiAksara)

Bella,Chintia.2020.AkhlakKepada Allah swt-Rasulullah saw danLingkungan. DiaksesdariJambidaily.com

M.jambaridanA. Zainuddin.AkidahdanIbadah.(Bandung PustakaSetia).

Zahranaa.2017PengertianAkidah-konsepdanTujuan. Diaksesdariblogspot.com/htlm.

Ahmadi,Abu 2004. Noor Salim. Dasar-DasarPendidikan Agama Islam. (Jakarta, PtBumiAksara).

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Poses BelajarMengajar.Op.Cit.

Ramdani,Ikhsan. 2016.ManajemenPendidikan Islam Asas-AsasMengajar.Diaksesdari blogspot.com behaviorurldefaultvmlo/htlm.

Daradjat,Zakiah.2004. IlmuPendidikan Islam. (Jakarta, PT BumiAksara).

Aswan ZaindanSyaifulBahriDjmarah,2005.StrategiBelajarMengajar. (Jakarta, PtRinekaCipta)

Aswan, 2016.StrategiPembelajaran Paik. (Yogyakarta, AswajaPressindo).

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Ariyani, M. (2022). P PENGARUH PENDEKATAN FUNGSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 3(2). Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/27