MO PENGARUH VARIASI MENGAJAR MAHASISWA MAGANG III SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RAHMANIYAH SEKAYU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 2 KAYUARA KECAMATAN SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Litado D. Jusma
  • Ermalinda

Kata Kunci:

Variasi Mengajar, Motivasi Belajar, Siswa

Abstrak

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi mengajar  mahasiswa magang III Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah  terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 2 Kayuara kecamatan Sekayu kabupaten Musi Banyuasin. jenis penelitian ini adalah (field research) atau penelitian lapangan yang dilakukan di SD Negeri 2 Kayuara Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Selama 4 bulan mulai dari bulan September sampai dengan bulan Desember 2023. Dengan responden sebanyak 26 orang diambil menggunakan teknik nonprobability sampling,  dengan cara pengambilan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Adapun Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu Interview dan Kuesioner. Untuk menganalisa data yang telah didapat peneliti menggunakan analisis deskriptif  kuantitatif  dan deskreptif kualitatif yang gunakan untuk menerjemahkan dari hasil analisis data kuantitatif. Sedangkan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan perhitungan statistic.

Hasil analisis df sebesar 26, diperoleh “r” tabel rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,388; sedangkan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,496. Ternyata rO (yaitu = 0.9618) adalah jauh lebih besar dari pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf 1%. berarti ada korelasi positif yang sangat signifikan antara variabel X dan variabel Y, oleh karena itu, hipotesa alternatif diterima dan hipotesa nihil di tolak. Kenyataaan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Variasi Mengajar Mahasiswa Magang STAI Rahmaniyah Sekayu terhadap motivasi belajar siswa, semakin baik profesionalisme guru maka semakin baik pula motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Variasi Mengajar Mahasiswa Magang III STAI Rahmaniyah Sekayu terhadap motivasi belajar siswa DI SD Negeri 2 Kayuara Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alisuf , Sabri, M, , Pskikologi Pendidikan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007)

Danim, Sudarwan , Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, (Bandung : Pustaka Setia, 2002)

Dharajat, Zakiah, ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1976)

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, cet. Ke-1, 2015)

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004)

Nizar, Samuel, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990)

Surya, Mohammad, Percikan Perjuangan Guru Menuju Profesional, Sejahtera dan Terlindungi, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006).

Sudjana, Nana, Metode Statistika, (Bandung : Penerbit Tarsito, 2002)

Suprihatiningrum, Jamil, Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)

Shohi, H. Muhammad b, Departemen Agama Ri Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bogor: Sygma Creative Media Corp, 2007).

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992).

Uno, Hamzah B., Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan,(Jakarta: PT. Bumi Aksara, cet. Ke-7, 2011)

Usman, M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2008)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

D. Jusma, L., & Ermalinda, E. (2024). MO PENGARUH VARIASI MENGAJAR MAHASISWA MAGANG III SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RAHMANIYAH SEKAYU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 2 KAYUARA KECAMATAN SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN . AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 7(2), 1 - 17. Diambil dari http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/57