IMP IMPLEMENTASI PENDEKATAN LEARNING COMMUNITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 12 BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Sonin Sonin STAI RAHMANIYAH
  • Kartini STAI Rahmaniyah
  • Vivi Hofifah STAI Rahmaniyah

Kata Kunci:

Implementasi, Learning Community, Hasil Belajar

Abstrak

Abstrak: Proses pembelajaran yang efektif tidak lepas dari kemampuan guru dalam mengimplentasikan teori dan perangkat pembelajaran yang disusun secara maksimal dengan penuh pertimbangan sesuai dengan situasi dan kondisi. Pembelajaran yang dilakukan guru dalam implementasi untuk menyampaikan informasi kepada siswa selain menggunakan metode  dan media, juga tentu menggunakan pendekatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan dimana guru memberikan pembelajaran agar hasil belajar siswa maksimal. Namun berdasarkan hasil observasi awa peneliti di SMP Negeri 12 Bayung Lencir, yang menunjukkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Hipotesa penulis faktor yang membuat hal ini terjadi dikarenakan pendekatan pembelajaran yang digunakan kurang tepat, yakni tidak sesuai dengan materi pembelajaran PAI dan karakteristik siswa yang selalu ingin dilibatkan langsung baik dalam berbicara maupun untuk mengutarakan gagasanya. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tersebut salah satunya adalah pendekatan pembelajaraan learning community, dimana dalam penerapan pendekatan ini semua siswa harus mempunyai kesempatan untuk bicara dan berbagi ide, mendengarkan ide siswa lain dengan cermat, dan bekerjasama untuk membangun pengetahuan dengan teman di dalam kelompoknya. Masalah ini yang melatar belakangi untuk mengetahui impelementasi pendekatan learning community dalam meningkatkan hasil belajar PAI kelas VII di SMP Negeri 12 Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin.

Penelitian ini bersifat Field Risearch dengan jumlah populasi sebanyak 99 siswa dari kelas VII, VIII A, VIII B, dan kelas IX yang terbagi menjadi 4 kelas sedangkan untuk sampelnya berjumlah 26 siswa yaitu hanya kelas VII yang digunakan sebagai objek penelitian dan dapat mewakili dari keseluruhan populasi. Jenis penelitian kuantitatif dengan analisis Statistik. Adapun metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dan teknik pengumpulan dengan cara wawancara, kusioner atau angket dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pendekatan pembelajaran learning community dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 12 Bayung Lencir yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode pembelajaran learning community dengan hasil presentase rata-rata sebesar 63,75 dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran learning community dengan hasil presentase rata-rata 72,04, maka metode pembelajaran learning community dinyatakan efektif.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Anas, Sudijono. 1997, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Apriono, Djoko. 2013. Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan,” Diklus 17, no. 01 September.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Darmansyah,. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor, Jakarta: Bumi Aksara.

Darmiatun, Suryatri S.Si,MT, Drs. Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Pendidikan Indonesia, Yogyakarta: Gava Media.

Djamara, Syaiful Bakri Djamara. 2001. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.

Hobri. 2020. Lesson Study For Learning Community Penerapan dan Riset dalam Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Laks Bang PRESSSindo.

Ibnu Badar AL-Tabany, Trianto . 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual, Jakarta: Kencana.

Kamal Muhammad. Isa. 1994, Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta : pt. fikahatiAnesta.

M , Nasution. 2018. Konsep Pembelajaran Matematika Dalam Mnecapai Hasil Belajar Menurut Teori Gagne.

Masnur, Muslich. 2007. KTSP Pembelajaran berbasis kompetensi dan kontektual,panduan bagi guru, kepala sekolah dan pengawas, Jakarta: Bumi Aksara.

Mustofa, Ali. 2014. Perencanaan Pembelajaran, Surabaya: Kopertais IV Press.

Rusyan, Tabrani . 2000. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Sudrajat, Akhmad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Prenadamedia Group

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, cet. VI, Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2013. Metode Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun .2005. Tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara,2006.

Wicaka, Arum Setya. 2011. Pelaksanaan Proses Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual pada Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, SMP Negeri 1 Pati Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Sonin, S., Kartini, K., & Hofifah, V. (2025). IMP IMPLEMENTASI PENDEKATAN LEARNING COMMUNITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 12 BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM, 8(1). Diambil dari https://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/66

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama